4 Jenderal Kristen Dalam Kasus Kematian Brigadir Yosua

Ada 4 Jenderal Kristen dalam kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J atau Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat yang sedang viral saat ini di Indonesia.

Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat sendiri merupakan ajudan dari mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Keempat Jenderal Kristen dalam kasus kematian Brigadir Yosua yang sedang viral ini (Kristen Katolik maupun Kristen Protestan) adalah para jenderal polri, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun.

Baca juga: 20 Jenderal Polri Aktif Beragama Kristen

Para Jenderal Kristen dalam kasus kematian Brigadir Yosua disebut viral, sebab mereka menjadi bagian dari kasus yang saat ini sedang viral di Indonesia, yakni kematian Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Mereka menjadi bagian dari kasus kematian Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat, dalam arti bahwa mereka diharapkan menjadi orang-orang yang akan mengungkap atau membantu mengungkap kematian Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Baca juga: 20 Jenderal terbaik beragama  Kristen

Sebagaimana diketahui, Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat meninggal karena ditembak di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol. Ferdy Sambo, yang kini telah dicopot dari jabatannya.

Namun kuat dugaan, bahwa Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat juga disiksa.

Baca juga: 7 Jenderal Kristen Kepercayaan 7 Presiden RI

Karena itulah kasus ini menjadi viral dan hingga kini baru menetapkan satu tersangka, yakni Bharada E atau Bharada Eliezer, teman Brigadir J sesama ajudan Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Lalu, siapa sajakah 4 Jenderal Kristen yang sedang viral saat ini berkaitan dengan kematian Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat?

Berikut daftarnya serta sedikit tentang profil mereka.

 

1. Irjen. Pol. Ferdy Sambo (Kadiv Propam Polri Non-aktif)

Jenderal Polri beragama Kristen yang sedang viral saat ini, yang pertama adalah Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo.

Irjen. Pol. Ferdy Sambo dianggap sebagai saksi kunci dari kematian ajudannya, Brigadir J, yang terjadi di rumah dinasnya, bahkan berpotensi menjadi salah satu tersangka.

Irjen. Pol. Ferdy Sambo dinon-aktifkan oleh Kapolri dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri menyusul tewasnya Brigadir J, ajudannya, di rumah dinasnya.

Irjen. Pol. Ferdy Sambo lahir di Barru, Sulawesi Selatan, pada 9 Februari 1973.

Jabatan terakhirnya di Polri sebelum diberhentikan adalah Kadiv Propam Mabes Polri.

Irjen. Pol. Ferdy Sambo merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1994, dan kariernya sangat moncer di kepolisian.

Dia sudah mencapai pangkat Irjen (bintang 2) saat baru berusia 47 tahun.

Beberapa jabatan sebelumnya di kepolisian antara lain: Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur (2001), Kasat Reskrim Polres Bogor Polda Jabar (2003), Kanit IV Satops I Dit Reskrim Polda Jabar (2004).

Lalu, Wakapolres Sumedang Polda Jabar (2007), Kasat V Ranmor Dit Reskrimum Polda Metro Jaya (2009), Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat (2010).

Kemudian, Kapolres Purbalingga (2012), Kapolres Brebes (2013), Wadirreskrimum Polda Metro Jaya (2015), Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri, Dirtipidum Bareskrim Polri (2019), dan Kadiv Propam Polri (2020).

 

2. Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (Kapolri)

Jenderal Polri beragama Kristen yang sedang viral saat ini, yang kedua adalah Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.

Saat ini Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Sebagai Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam mengungkap kasus kematian Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Hingga saat ini Kapolri dianggap cukup cepat dalam menangani kasus ini dengan membentuk Tim Khusus untuk mengungkap kematian Brigadir J atau Brigadir Polisi Nopriansyah Yosua Hutabarat, serta mencopot sejumlah perwira Polri, termasuk Kadiv Propam, Irjen. Pol. Ferdy Sambo.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969.

Jenderal Listyo merupakan lulusan Akpol tahun 1991.

Jenderal Listyo merupakan mantan ajudan Presiden Jokowi.

Jabatan yang pernah dipegang Jenderal Listyo di Polri antara lain adalah:

Kapolres Pati, Kapolres Sukoharjo, Kapolresta Surakarta (Solo), Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri, Dirreskrimum Polda Sultra, Kapolda Banten, dan Kadiv Propam Mabes Polri.

Lalu, Kabareskrim, dan saat ini menjabat Kapolri.

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!