4 Jenderal Kristen Yang Pernah Menjadi Pangkostrad

3. Letnan Jenderal Johny Lumintang

Jenderal Kristen yang  pernah menjadi Pangkostrad yang ketiga adalah Letnan Jenderal Johny Lumintang.

Letnan Jenderal Johny Lumintang pernah menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) pada tahun 1998, walau hanya 1 hari!

Letnan Jenderal Johny Lumintang menjadi Pangkostrad untuk menggantikan Letjen Prabowo Subianto, yang diberhentikan oleh Presiden B.J. Habibie dari jabatannya karena diduga adanya pergerakan pasukan Kostrad tanpa sepengetahuan Panglima TNI, Wiranto.

Sayang, Letnan Jenderal Johny Lumintang hanya menempati posisi strategis tersebut kurang dari 24 jam! Hanya 17 jam!

Alasan akan hal ini masih sebuah misteri, yang hanya diketahui oleh Panglima TNI dan presiden pada masa itu.

Yang jelas hal ini bukan karena Letnan Jenderal Johny Lumintang kurang mampu, sebab ia punya prestasi yang baik di militer.

Letjen Johny Josephus Lumintang lahir di Desa Noongan, Minahasa, Sulawesi Utara, pada 28 Juni 1947.

Letnan Jenderal Johny Lumintang turut berperan dalam operasi pembebasan sandera Mapenduma Team Ekspedisi Lorenz di Irian Jaya, lewat Operasi Rajawali, saat ia menjadi Kepala Staf Kodam VIII/Trikora (1996).

Ia juga memimpin langsung pembebasan sandera 14 orang karyawan PT. Jayanti yang disandera GPK di Kamuna Raya Camp, Timika tanggal 14 Agustus 1996.

Beberapa jabatan penting pernah diembannya antara lain: Panglima Divisi Infanteri I Kostrad, Kepala Staf Daerah Militer VIII/Trikora, Panglima Daerah Militer VIII/Trikora, dan Asisten Operasi KASUM ABRI.

Setelah Pangkostrad, Letnan Jenderal Johny Lumintang menjadi Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI sekaligus sebagai Anggota Fraksi ABRI MPR-RI, lalu Gubernur Lemhanas, bahkan menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat.

Sebelum pensiun dari dinas militer, ia memangku jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Departemen (Kementerian) Pertahanan RI (Dephan).

Setelah pensiun dari dinas militer, Letnan Jenderal Johny Lumintang kemudian menjadi Duta Besar Indonesia untuk Filipina sejak 14 Februari 2014.

 

4. Letnan Jenderal Erwin Sudjono

Jenderal Kristen yang  pernah menjadi Pangkostrad yang keempat/terakhir adalah Letnan Jenderal Erwin Sudjono.

Letnan Jenderal Erwin Sudjono pernah menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) pada tahun 2006-2007.

Letjen Erwin Sudjono lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 5 Februari 1951.

Erwin merupakan lulusan Akabri tahun 1975.

Sejumlah tugas operasi pernah dijalani Erwin. Antara lain, dua kali bertugas dalam Operasi Timor Timur (1976), Operasi Perdamaian PBB (1992), dan Operasi Aceh (2003).

Beberapa jabatan penting yang pernah diembannya adalah: Danrem 121/Alambhana Wanawai Kodam VI/Tanjung Pura (Kolonel), Kasdivif 1/Kostrad, Kasdam III/Siliwangi (Brigadir Jenderal), Pangdivif 2 Kostrad, dan Pangdam Tanjungpura (Mayor Jenderal).

Setelah menjadi Pangkostrad, Letnan Jenderal Erwin Sudjono kemudian diangkat menjadi Kasum TNI (2007), yang merupakan jabatan terakhirnya di TNI.

Selama berkarier di militer sejumlah tanda jasa dan bintang penghargaan pernah disandangnya.

Di antaranya Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Satya Lencana (SL) Seroja, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, SL Dwija Sistha, Tanda Jasa Pemerintah Kamboja, SL UNTAC/PBB, dan SL Santi Dharma.

Letjen Erwin Sudjono merupakan kakak ipar dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

 

Itulah 4 Jenderal Kristen yang  pernah menjadi Pangkostrad.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!