4 Khotbah Natal Jangan Takut

 

3. Kepada Yusuf

Yusuf adalah ayah Yesus.

Dia merupakan keturunan Daud, yang berasal dari Betlehem tetapi tinggal di kota Nazaret.

Pekerjaan Yusuf adalah seorang tukang kayu.

Ketika ia tahu bahwa tunangannya, Maria, sedang hamil, maka dengan diam-diam ia ingin membatalkan pertunangannya dengan Maria.

Pada masa itu pertunangan sudah dianggap seperti suami istri, tetapi belum hidup sebagai suami istri.

Rencana Yusuf membatalkan pertunangannya menunjukkan ketulusan hatinya, sebab ia tidak ingin mencemarkan nama Maria jika sudah mengandung padahal masih bertunangan.

Tetapi malaikat Tuhan menampakkan diri kepada Yusuf agar jangan ragu menerima Maria sebagai istrinya, sebab kandungannya itu berasal dari Roh Kudus.

“Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

(Matius 1:19-21).

Hal ini ditaati oleh Yusuf, ia mengambil Maria yang sedang mengandung sebagai istrinya.

 

4. Kepada Para Gembala

Para gembala sedang menggembalakan kambing domba mereka di padang Efrata, ketika seorang malaikat Tuhan menampakkan diri kepada mereka dan memberitahukan kepada mereka perihal kelahiran Juruselamat.

Para gembala tersebut sangat ketakutan ketika melihat malaikat Tuhan mendatangi mereka.

Namun malikat itu menenangkan mereka serta berkata bahwa ia membawa kabar baik kepada mereka tentang kelahiran Juruselamat dunia.

Malaikat itu juga memberitahukan bahwa Juruselamat itu lahir di dalam palungan

“Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.

Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

(Lukas 2:9-12).

Para gembala itu pergi ke Betlehem dan bertemu dengan bayi Yesus di palungan bersama orang tuaNya.

Dan mereka menceritakan apa yang mereka lihat di padang, dan semua orang yang mendengarnya menjadi heran.

Para gembala itu pulang dengan sukacita.

Para gembala adalah orang-orang sederhana. Mereka biasanya bukanlah para pemilik kambing domba, tetapi orang-orang upahan yang bekerja untuk menggembalakan kambing domba tersebut.

Namun justru kepada orang-orang seperti inilah Allah pertama sekali memberitahukan kelahiran Kristus, Juruselamat, bukan kepada para pejabat atau orang-orang terpelajar.

 

Itulah 4 Khotbah Natal Jangan Takut, seperti yang disampaikan oleh malaikat Tuhan kepada para tokoh Natal di Alkitab.

 

Kiranya kita juga tidak takut dalam menghadapi apa pun di dunia ini, sebab Tuhan senantiasa menyertai kita.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!