Loading...

4 Macam Pandangan Gereja Tentang Pengangkatan Dan Penjelasannya

Loading...

 

2. Pengangkatan Sebelum Masa Tribulasi (Pre-Trib)

Pandangan kedua gereja tentang pengangkatan atau rapture adalah bahwa pengangkatan atau rapture terjadi sebelum masa tribulasi.

Berbeda dengan pandangan di atas (nomor 1), pandangan ini percaya akan adanya pengangkatan orang percaya atau rapture.

Mereka percaya bahwa orang percaya akan diangkat secara harfiah ke surga ketika Kristus muncul di angkasa.

Tuhan Yesus mengangkat orang percaya dan membawa mereka ke surga sebelum terjadinya masa tribulasi atau kesukaran besar yang melanda bumi.

Setelah orang percaya diangkat, barulah masa tribulasi dimulai di bumi.

Dengan demikian, menurut pandangan ini, gereja/orang percaya tidak mengalami masa tribulasi tersebut.

Karena pandangan seperti ini meyakini bahwa pengangkatan atau rapture terjadi “sebelum” masa tribulasi terjadi di bumi, maka pandangan ini disebut dengan istilah “Pre Tribulation” atau biasa disingkat “Pretrib”.

Orang percaya akan berada di surga selama masa kesengsaraan terjadi di bumi, yakni selama tujuh masa atau tujuh tahun, sesuai dengan nubuat nabi Daniel (Daniel 9:27)

Di surga mereka akan mengikuti “Perjamuan Perkawinan Anak Domba”, suatu sukacita besar di antara orang percaya” (Wahyu 19).

Setelah masa kesengsaraan itu selesai di bumi, maka gereja akan turun dari surga ke bumi bersama-sama Kristus, untuk memasuki Kerajaan Milenium atau Kerajaan Seribu Tahun.

Pandangan pretrib ini banyak ditemui di antara gereja-gereja Baptis, sebagian kaum Injili, dan sebagian gereja-gereja Pentakosta dan Karismatik. (Baca: 10 Aliran Gereja Terbesar Dalam Kristen Protestan)

 

3. Pengangkatan Di Tengah Masa Tribulasi (Mid-Trib)

Pandangan ketiga gereja tentang pengangkatan atau rapture adalah bahwa pengangkatan atau rapture terjadi di pertengahan masa tribulasi.

Seperti halnya dengan pandangan nomor 2 di atas, pandangan ini juga percaya akan adanya pengangkatan orang percaya atau rapture.

Jadi mereka percaya bahwa orang percaya akan diangkat secara harfiah ke surga ketika Kristus muncul di angkasa.

Tetapi yang membedakan pandangan ini dengan pandangan nomor 2 di atas adalah dalam hal “waktu pengangkatan” dan lamanya orang percaya berada di surga.

Jika pandangan nomor 2 meyakini bahwa Tuhan Yesus mengangkat orang percaya dan membawa mereka ke surga sebelum tribulasi atau kesukaran besar melanda bumi, maka pandangan ini meyakini bahwa orang percaya diangkat ke surga setelah mereka mengalami masa tribulasi selama 3,5 tahun.

Jadi gereja juga ikut mengalami masa tribulasi, yakni selama 3,5 tahun, atau separoh terakhir dari 7 tahun masa tribulasi.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!