4 Makna Perjamuan Kudus Menurut Alkitab

 

3. Sebagai Lambang Persekutuan Orang Percaya Dengan Tuhan Yesus 

Makna Perjamuan Kudus menurut Alkitab, yang ketiga adalah sebagai lambang persekutuan orang percaya dengan Tuhan Yesus.

Hal ini kembali dijelaskan oleh rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di kota Korintus,

“Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?” (1 Korintus 10:16)

Roti Perjamuan Kudus yang kita makan adalah lambang persekutuan kita dengan tubuh Kristus.

Dan anggur Perjamuan Kudus yang kita minum adalah lambang persekutuan kita dengan darah Kristus.

Jadi ketika kita melakukan Perjamuan Kudus, kita sedang bersekutu dengan Tuhan Yesus.

Sebab Tuhan Yesus hadir dalam setiap Perjamuan Kudus yang kita adakan, melalui tubuh dan darahNya, yang dilambangkan oleh roti dan anggur Perjamuan Kudus.

 

4. Sebagai Lambang Kesatuan Orang Percaya Sebagai Tubuh Kristus

Makna Perjamuan Kudus menurut Alkitab yang terakhir adalah sebagai lambang kesatuan tubuh Kristus/orang percaya.

Hal ini dijelaskan oleh rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di kota Korintus,

“Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.” (1 Korintus 10:17).

Lewat Perjamuan Kudus, khususnya roti yang kita makan bersama, maka kita orang percaya mengakui kesatuan kita dengan orang lain/anggota jemaat, sebagai sesama anggota tubuh Kristus.

Itulah sebabnya Perjamuan Kudus selalu diadakan secara bersama-sama, dengan anggota jemaat.

Kita tidak melakukan Perjamuan Kudus seorang diri/sendirian.

Dan setiap kali kita melakukan Perjamuan Kudus, kita sedang diingatkan akan kesatuan kita dengan anggota jemaat Tuhan, sebagai sesama tubuh Kristus.

Kita mungkin saat ini tidak memakan roti yang sama secara harfiah seperti pada zaman Alkitab (zaman Alkitab rotinya sama/hanya satu, lalu dipecah-pecahkan dan dibagikan kepada anggota jemaat).

Tetapi dengan memakan roti perjamuan secara bersama-sama, kita sedang menjalin/mempererat persekutuan dengan sesama tubuh Kristus.

Dengan mengingat makna Perjamuan Kudus ini, maka sangat penting bagi kita untuk mengikuti Perjamuan Kudus di gereja.

 

Itulah 4 makna Perjamuan Kudus bagi orang Kristen menurut Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

2 komentar untuk “4 Makna Perjamuan Kudus Menurut Alkitab”

  1. Sangat memberkati dan mengingatkan kita kembali sakramen Perjamuan Kudus penting dalam kehidupan kristiani dimanaa moment mengingatkan kita siapa kita di hadapan Tuhan… Sekaligus menghormati pengorbanan Tuhan Yesus dengan ketaatan dan kesitiaan kita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!