4 Organisasi Gereja Terbesar Di Indonesia

3. Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI)

Organisasi Gereja terbesar di Indonesia yang ketiga adalah Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

Seperti namanya,Persekutuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) adalah organisasi Kristen di Indonesia yang menaungi gereja-gereja yang  beraliran Pentakosta.

PGPI berdiri pada tanggal 14 September 1979 dengan nama Dewan Pantekosta Indonesia (DPI).

Hingga kini ada 83 denominasi gereja beraliran Pentakosta yang menjadi anggota PGPI. (Baca: 10 Gereja Pentakosta Terbesar Di Indonesia).

Tidak semua denominasi gereja beraliran Pentakosta di Indonesia menjadi anggota PGPI.

Banyak juga denominasi gereja anggota PGPI yang menjadi anggota PGI atau PGLII atau anggota ketiganya sekaligus (jadi berada di 3 organisasi).

PGPI berkantor pusat di Jakarta dengan Pdt. Jacob Nahuway (GBI) sebagai Ketua Umumnya.

 

4. Persekutuan Baptis Indonesia (PBI)

Organisasi Gereja terbesar di Indonesia yang keempat/terakhir adalah Persekutuan Baptis Indonesia (PBI).

Seperti namanya, Persekutuan Baptis Indonesia (PBI) adalah sebuah organisasi denominasi- denominasi gereja beraliran baptis di Indonesia.

PBI berdiri pada tanggal 4 Maret 1981, dan menggunakan beberapa ayat Alkitab sebagai dasar pembentukannya (Matius 28:18-20; Markus 16:15-16; Lukas 24:46-48; Yohanes 20:21; Kisah Para Rasul 1:8).

PBI merupakan bagian dari Asia Pasific Baptist Federation (APBF).

PBI didirikan oleh tiga denominasi gereja baptis, yakni Gabungan Gereja Baptis Indonesia (GGBI), Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) dan Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Irian Jaya (PGBIJ), yang kini bernama Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua (PGBP).

Kini PBI mempunyai 7 anggota dengan penambahan empat anggota baru, yakni Gereja Baptis Independen Indonesia (GBII), Gereja Perhimpunan Injili Baptis Indonesia (GPIBI),  Sinode Gereja Kristen Baptis Jakarta (SGKBJ), dan Gereja Baptis Anugerah Indonesia (GBAI).

Kantor pusat PBI berada di Jakarta dengan Pdt. Simson Lingob (GPIBI) sebagai Ketua Umumnya.

 

Itulah 4 Organisasi Gereja terbesar di Indonesia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!