Categories: GEREJA

4 Pandangan Tentang Pengangkatan Dan Penjelasannya

 

3. Pengangkatan Di Tengah Masa Tribulasi (Mid-Trib)

Pandangan ketiga tentang pengangkatan atau rapture adalah bahwa pengangkatan atau rapture terjadi di pertengahan masa tribulasi.

Seperti halnya dengan pandangan nomor 2 di atas, pandangan ini juga percaya akan adanya pengangkatan orang percaya atau rapture.

Jadi mereka percaya bahwa orang percaya akan diangkat secara harfiah ke surga ketika Kristus muncul di angkasa.

Tetapi yang membedakan pandangan ini dengan pandangan nomor 2 di atas adalah dalam hal “waktu pengangkatan” dan lamanya orang percaya berada di surga.

Jika pandangan nomor 2 meyakini bahwa Tuhan Yesus mengangkat orang percaya dan membawa mereka ke surga sebelum tribulasi atau kesukaran besar melanda bumi, maka pandangan ini meyakini bahwa orang percaya diangkat ke surga setelah mereka mengalami masa tribulasi selama 3,5 tahun.

Jadi gereja juga ikut mengalami masa tribulasi, yakni selama 3,5 tahun, atau separoh terakhir dari 7 tahun masa tribulasi.

Dengan demikian, gereja terluput dari paroh kedua masa tribulasi, yang merupakan puncak dari masa tribulasi tersebut, yang ditandai dengan tampilnya antikris sebagai penguasa dunia yang jahat. (Baca: 10 Fakta Tentang Antikris Menurut Alkitab)

Karena pandangan seperti ini meyakini bahwa pengangkatan atau rapture terjadi “di pertengahan” masa tribulasi yang terjadi di bumi, yakni setelah 3,5 tahun dari 7 tahun masa tribulasi, maka pandangan ini juga disebut dengan istilah “Mid Tribulation” atau biasa disingkat “Midtrib”.

Seperti halnya pandangan pretrib, orang percaya akan berada di surga selama masa kesengsaraan terjadi di bumi, yakni selama tiga setengah masa atau 3,5 tahun (tujuh masa atau tujuh tahun, menurut pandangan Pretrib).

Dan di surga mereka akan mengikuti “Perjamuan Anak Domba”, suatu sukacita besar di antara orang percaya”.

Setelah masa kesengsaraan itu selesai di bumi, maka gereja akan turun dari surga ke bumi bersama-sama Kristus, untuk memasuki Kerajaan Milenium atau Kerajaan Seribu Tahun.

Pandangan Midtrib adalah pandangan umum dari  gereja-gereja beraliran Pentakosta.

 

4. Pengangkatan Setelah Masa Tribulasi (Post-Trib)

Pandangan keempat tentang pengangkatan atau rapture adalah bahwa pengangkatan atau rapture terjadi setelah masa tribulasi.

Seperti halnya pandangan pretrib dan midtrib,  pandangan ini juga percaya pada adanya pengangkatan atau rapture.

Perbedaannnya adalah terletak pada kapan pengangkatan itu terjadi, berapa lama mereka diangkat, dan apa yang terjadi dengan gereja kemudian, setelah diangkat.

Para penganut pandangan ini meyakini bahwa orang-orang percaya akan mengalami pengangkatan setelah masa tribulasi selama 7 tahun penuh terjadi di bumi.

Mengapa harus menunggu selesai masa tribulasi baru terjadi pengangkatan? Sebab orang percaya juga ikut mengalami masa tribulasi tersebut.

Jadi orang percaya juga mengalami kesengsaraan atau tribulasi di bumi secara penuh, yakni selama tujuh tahun, seperti orang-orang yang tidak percaya lainnya.

Setelah masa kesengsaraan besar terjadi maka Kristus akan datang di udara, dan orang-orang percaya akan menyongsongNya dan ‘mengawal’Nya datang ke bumi untuk memasuki Kerajaan Seribu Tahun. (Baca: 10 Peristiwa Terpenting Yang Akan Terjadi Pada Akhir Zaman)

Jadi berbeda dengan pandangan pretrib dan midtrib, dalam keyakinan pandangan ini, orang percaya tidak di bawa ke surga, apalagi berada di sana selama 3,5 tahun atau 7 tahun.

Ketika orang percaya terangkat di udara dan bertemu dengan Kristus, mereka langsung “kembali” ke bumi.

Karena pandangan seperti ini meyakini bahwa pengangkatan atau rapture terjadi “setelah” masa tribulasi terjadi di bumi, maka pandangan ini juga disebut dengan istilah “Post Tribulation” atau biasa disingkat “Posttrib”.

Pandangan seperti ini umumnya ditemui di gereja-gereja beraliran Injili.

 

Itulah 4 pandangan tentang pengangkatan atau rapture dan penjelasannya.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Page: 1 2