Categories: GEREJA

4 Pandangan Tentang Tribulasi Dan Penjelasannya

 

3. Masa Tribulasi Dialami Oleh Gereja Sebagian

Pandangan ketiga tentang tribulasi adalah bahwa  masa tribulasi yang  dinubuatkan oleh nabi Daniel, “dilihat” oleh rasul Yohanes dalam kitab Wahyu, serta dinubuatkan oleh Tuhan Yesus sendiri, dialami oleh gereja hanya sebagian.

Orang-orang penganut pandangan ini meyakini bahwa orang percaya akan turut mengalami masa kesengsaraan di bumi, sebagaimana dengan orang-orang yang tidak percaya.

Namun orang percaya mengalami kesengsaraan hanya separoh dari masa kesengsaraan tersebut, yakni selama tiga setengah tahun.

Setelah mengalami kesengsaraan selama tiga setengah tahun, orang-orang percaya akan diangkat oleh Kristus ke surga, ketika Ia datang di udara.

Mereka meyakini bahwa pada pertengahan dari masa tujuh tahun kesengsaraan itu, yakni setelah tiga setengah tahun, akan ada peningkatan kesengsaraan di bumi, yang semakin lama semakin berat, hingga genap tujuh tahun.

Peningkatan kesusahan tersebut ditandai dengan kedatangan antikris. Antikris akan melancarkan kejahatannya di bumi, yang merupakan puncak masa tribulasi tersebut.

Pada saat itulah gereja Tuhan diangkat ke surga.

Jadi gereja mengalami separoh masa tribulasi, tetapi diluputkan dari separoh masa tribulasi, yakni masa pemerintahan antikris yang sangat menyengsarakan.

Setelah masa kesengsaraan genap di bumi, yakni selama tujuh tahun, maka orang percaya akan datang kembali ke bumi bersama Tuhan Yesus untuk memasuki kerajaan seribu tahun.

Pandangan seperti ini terutama ditemui di gereja-gereja beraliran Pentakosta.

 

4. Masa Tribulasi Dialami Oleh Gereja Secara Penuh

Pandangan terakhir tentang tribulasi adalah bahwa  masa tribulasi yang  dinubuatkan oleh nabi Daniel, “dilihat” oleh rasul Yohanes dalam kitab Wahyu, serta dinubuatkan oleh Tuhan Yesus sendiri, dialami oleh gereja secara penuh.

Para penganut pandangan ini meyakini bahwa orang-orang percaya akan mengalami masa tribulasi atau kesengsaraan di bumi secara penuh, yakni selama tujuh tahun, seperti orang-orang yang tidak percaya lainnya.

Alasannya antara lain adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri (lihat pendahuluan artikel).

Seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam khotbah akhir zaman, bahwa orang-orang percaya juga akan mengalami masa kesengsaraan.

Dan mereka yang setia sampai akhir akan selamat (Matius 24:13).

Jadi kesengsaraan yang disebut-sebut oleh Tuhan Yesus dalam Khotbah Akhir Zaman ditujukan bagi orang percaya (gereja).

Dan peringatan-peringatanNya, yang menyebut pentingnya bertekun/setia pada masa kesengsaraan tersebut, tentu menjadi tak berarti jika seandainya gereja tidak akan mengalami masa tribulasi.

Setelah masa tribulasi/kesengsaraan besar terjadi di bumi, maka Kristus akan datang di udara, dan orang-orang percaya akan menyongsongNya (1 Tesalonika 4) dan “mengawal”Nya datang ke bumi untuk memasuki kerajaan seribu tahun.

Jadi berbeda dengan pandangan yang meyakini bahwa gereja tidak mengalami masa tribulasi (poin 2 di atas) atau mengalaminya separoh (poin 3 di atas), pandangan ini tidak meyakini bahwa orang percaya akan diangkat ke surga.

Pandangan ini banyak ditemui di gereja-gereja beraliran Injili, sebagian di gereja beraliran Karismatik, dan sebagian di gereja-gereja Protestan mainstream.

 

Itulah 4 pandangan tentang masa tribulasi dan penjelasannya.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Page: 1 2