4 Persamaan Israel Dengan Gereja

Setidaknya ada 4 persamaan utama antara Gereja dengan Israel yang perlu kita ketahui, sebagaimana yang dicatat di Alkitab.

Israel dan Gereja adalah dua umat Allah di Alkitab. Israel adalah umat pilihan Allah di Perjanjian Lama, sedangkan Gereja adalah umat pilihan Allah di Perjanjian Baru.

Israel dan Gereja tidak identik, mereka bukan satu entitas yang sama, tetapi dua entitas yang berbeda. Israel bukan Gereja, dan Gereja bukan Israel.

Baca juga: 4 Perbedaan utama Israel dengan Gereja

Jadi Israel dan Gereja adalah berbeda, yang punya sejumlah perbedaan yang mendasar.

Namun demikian harus diakui bahwa Israel dan Gereja saling terkait satu sama lain. Mereka bukan dua entitas yang sama sekali terpisah tanpa ada kaitan. Mereka punya hubungan yang sangat erat.

Kita perlu mengetahui persamaan antara Israel dengan Gereja sekalipun mereka adalah dua entitas yang berbeda.

Baca juga: 10 Perbedaan Agama Yahudi  Dengan Agama Kristen

Jika ada perbedaan di antara Israel dengan Gereja, maka persamaannya juga ada. Sebab Israel dan Gereja adalah sama-sama umat Tuhan.

Jika demikian, apa sajakah persamaan antara Gereja dan Israel?

Nah artikel kali ini akan membahasnya.

Berikut penjelasannya.

 

1. Israel dan Gereja adalah sama-sama umat Tuhan dengan hak-hak khusus

Baik Israel di Perjanjian Lama maupun Gereja di Perjanjian Baru adalah umat Tuhan yang masing-masing mempunyai hak-hak khusus.

Hak-hak istimewa ini merupakan bukti bahwa Tuhan memperlakukan umatNya secara berbeda dari orang-orang yang bukan umatNya, orang-orang yang tidak percaya kepadaNya.

Hak-hak istimewa yang dimiliki oleh Israel dengan yang dimiliki oleh Gereja memang berbeda, tetapi maknanya sama, yakni sebagai bukti atau tanda bahwa mereka merupakan umat Tuhan.

Orang Israel adalah milik kesayangan Tuhan, yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain pada masa itu.

Mereka memiliki Bait Suci di Yerusalem sebagai lambang kehadiran Tuhan. Mereka juga memiliki Tanah Perjanjian yang menjadi milik mereka turun temurun. Mereka adalah nenek moyang Juruselamat, dan kepada mereka dipercayakan firman Tuhan (Roma 3:1-2; 9:4-5).

Sebagaimana bangsa Israel mempunyai sejumlah keistimewaan sebagai umat pilihan Tuhan, demikian juga dengan Gereja.

Sebagai umat pilihan Tuhan Perjanjian Baru (1 Petrus 2:9), Gereja juga mempunyai hak-hak khusus atau keistimewaan dibanding orang-orang di luar Gereja atau orang-orang yang tidak percaya.

Orang Kristen diangkat menjadi anak-anak Allah karena iman percaya mereka kepada Tuhan Yesus (Yohanes 1:12). Artinya, mereka mempunyai hubungan khusus dengan Tuhan, yang boleh mereka panggil sebagai Bapa.

Selain itu, Gereja juga mempunyai Roh Kudus (Efesus 4:30). Roh Kudus selalu menyertai Gereja, serta memampukan mereka untuk melayani dan memberitakan Injil.

2. Israel dan Gereja sama-sama diharuskan hidup sesuai dengan standard yang Tuhan tetapkan

Baik Israel maupun gereja sama-sama harus mempunyai cara hidup yang benar sebagai umat Tuhan, seperti yang telah Tuhan tetapkan.

Tuhan berharap bahkan mengharuskan umatNya untuk hidup seturut firman dan kehendakNya.

Tuhan tidak ingin umatNya hidup dalam dosa dan pemberontakan. Dosa dan pemberontakan sangat dibenci oleh Tuhan. Sebab umat Tuhan adalah cerminan Tuhan. Umat merepresentasikan pribadi dan karakter Tuhan di bumi.

Dalam Alkitab Perjanjian Lama Tuhan berulang kali memperingatkan agar bangsa Israel taat kepadaNya dan melakukan firmanNya.

Lewat Musa, pemimpin pertama Israel, serta para nabiNya yang kemudian, Tuhan selalu mengingatkan Israel untuk menaatiNya dan tidak memberontak kepadaNya. Dengan demikian mereka diberkatiNya dan dijauhkan dari berbagai malapetaka.

Demikian juga dengan Gereja. Di dalam Alkitab Perjanjian Baru, Tuhan, lewat rasul-rasulNya, berulang kali mendorong dan mengingatkan GerejaNya agar hidup sesuai panggilan mereka sebagai umat Tuhan (Efesus 4:1; Filipi 1:27).

Mereka harus hidup dalam ketaatan dan kekudusan, tidak tercemar oleh dosa dunia. Gereja harus berbeda dari dunia sehingga mereka dapat menggarami dunia.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!