4 Rasul Sekaligus Nabi Di Alkitab

 

3. Barnabas

Rasul sekaligus nabi di Alkitab, yang ketiga adalah Barnabas (Kisah Para Rasul  13:43).

Barnabas awalnya adalah salah satu anggota jemaat di gereja Yerusalem.

Kemudian ia diutus ke gereja Antiokhia yang baru berdiri dan menjadi pemimpin di gereja tersebut, bersama dengan beberapa orang lainnya.

Selain rasul, ternyata Barnabas adalah seorang nabi, di mana ia menasihati orang-orang percaya di Antiokhia agar tetap setia kepada Tuhan (Kisah Para Rasul 11:22-23).

Arti nama “Barnabas” sendiri adalah “anak penghiburan”, atau orang yang suka menghibur (salah satu tugas nabi).

Barnabas berperan penting dalam “karier” pelayanan rasul Paulus.

Ketika jemaat di Yerusalem menolak Paulus dan mencurigai pertobatannya, Barnabas menerimanya dan membawanya kepada rasul-rasul (Kisah Para Rasul 9:26-27).

Kemudian, ketika Barnabas diutus ke gereja Antiokhia yang baru berdiri, Barnabas menjemput Paulus ke kampung halamannya di Tarsus, dan membawanya bersamanya ke Antiokhia (Kisah Para Rasul 11:22-26).

Barnabas dan Paulus kemudian menjadi pemimpin gereja Antiokhia.

Lalu Roh Kudus memilih mereka berdua untuk memberitakan Injil (Kisah Para Rasul 13:1-3), hingga mereka berselisih paham lalu berpisah.(Baca: 7 Fakta Penting Tentang Barnabas Di Alkitab)

 

4. Silas

Rasul sekaligus nabi di Alkitab, yang terakhir adalah Silas (Kisah Para Rasul 16:38-39).

Silas pertama kali muncul di Alkitab tatkala ia bersama Yudas dipilih sebagai utusan para rasul dan penatua yang bersidang di Yerusalem tentang sunat. (Baca: 10 Fakta Tentang Sunat Menurut Pandangan Kristen)

Mereka diutus ke gereja di Antiokhia dan gereja-gereja di tempat lainnya untuk menyampaikan hasil sidang tersebut, yakni bahwa bangsa-bangsa lain di luar Israel tidak perlu disunat untuk bisa diselamatkan (Kisah Para Rasul 15:22).

Ketika Paulus dan Barnabas berselisih paham dalam pelayanan karena Markus, maka Paulus memilih Silas bersamanya dalam pemberitaan Injil.

Sedangkan Barnabas tetap bersama Markus (Kisah Para Rasul 15:36-41).

Selain seorang rasul, Silas juga seorang nabi.

Sebagai nabi, Silas, bersama Yudas, berusaha menasihati dan menguatkan hati jemaat Antiokhia (Kisah Para Rasul 15:22-33).

Hampir pasti bahwa Silwanus (1 Tesalonika 1:1) dan Silas adalah orang yang sama.

 

Itulah 4 rasul sekaligus nabi di Alkitab Perjanjian Baru.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!