Categories: GEREJA

4 Tanggung Jawab Jemaat Terhadap Gembala

Artikel ini membahas tentang 4 Tanggung jawab anggota jemaat terhadap gembalanya menurut Alkitab.

Ada 4 tanggung jawab anggota jemaat terhadap pendeta/gembalanya menurut Alkitab (khususnya Perjanjian Baru) yang perlu kita ketahui.

Ke-4 tanggung jawab anggota jemaat terhadap pendeta/gembalanya menurut Alkitab ini sangat perlu kita pahami sehingga bisa kita terapkan dalam kehidupan kita.

Baca juga: 5 Kewajiban Orang Tua Kepada Anak Menurut Alkitab

Alkitab banyak mencatat hubungan di antara anggota jemaat dengan pendeta/gembalanya.

Hubungan tersebut merupakan hubungan timbal balik yang take and give, saling memberi dan diberi, saling melayani dan dilayani.

Baca juga: 4 Kewajiban Gereja Kepada Negara

Maksudnya, hubungan di antara anggota jemaat dengan pendeta/gembalanya di Alkitab merupakan suatu kewajiban atau tanggung jawab di satu pihak dan suatu hak di pihak lain.

Maka Alkitab mencatat kewajiban/tanggung jawab anggota jemaat terhadap pendeta/gembalanya, atau hak pendeta/gembala dari anggota jemaatnya.

Baca juga: 5 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua Menurut Alkitab

Demikian juga Alkitab mencatat kewajiban/tanggung jawab pendeta/gembala kepada anggota jemaatnya, atau hak anggota jemaat dari pendeta/gembalanya.

Nah, artikel kali ini akan membahas kewajiban/tanggung jawab anggota jemaat kepada pendeta/gembalanya menurut Alkitab.

Berikut penjabarannya.

 

1. Menghormati Gembala

Tanggung jawab anggota jemaat terhadap pendeta/gembalanya menurut Alkitab, yang pertama adalah menghormatinya.

Menghormati gembala maksudnya adalah memberikan sikap hormat dan segan kepada mereka; tidak menghina, merendahkan, melecehkan, atau berbuat yang tidak baik kepada mereka.

“Kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu menghormati mereka yang bekerja keras di antara kamu, yang memimpin kamu dalam Tuhan dan yang menegor kamu; dan supaya kamu sungguh-sungguh menjunjung mereka dalam kasih karena pekerjaan mereka. Hiduplah selalu dalam damai seorang dengan yang lain.” (1 Tesalonika 5:12-13)

 

2. Menaati Gembala

Tanggung jawab anggota jemaat terhadap pendeta/gembalanya menurut Alkitab, yang kedua adalah menaati gembala.

Selain menghormati gembala, kita harus juga menaati mereka.

Alkitab mengajarkan agar kita orang Kristen menaati para pemimpin di dalam gereja.

Para pendeta, gembala, penginjil, penatua, majelis, atau apa pun sebutannya, harus dihormati dan ditaati.

“Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.”(Ibrani 13:17)

“Ada suatu permintaan lagi kepadamu, saudara-saudara. Kamu tahu, bahwa Stefanus dan keluarganya adalah orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya, dan bahwa mereka telah mengabdikan diri kepada pelayanan orang-orang kudus. Karena itu taatilah orang-orang yang demikian dan setiap orang yang turut bekerja dan berjerih payah.” (1 Korintus 16:15-16).

 

Page: 1 2