Loading...
Loading...

5 Alasan Mengapa Orang Kristen Tidak Wajib Membayar Perpuluhan

 

4. Perpuluhan Hanya Disebut Satu Kali Di Alkitab Perjanjian Baru

Alasan mengapa orang Kristen tidak wajib memberi perpuluhan, yang keempat adalah: perpuluhan hanya disebut satu kali dalam Alkitab Perjanjian Baru.

Di Alkitab Perjanjian Baru, persepuluhan hanya disebut satu kali yang dicatat dalam dua ayat Alkitab.

Satu-satunya singgungan tentang persepuluhan Di Alkitab Perjanjian Baru adalah kecaman Tuhan Yesus terhadap ahli-ahli Taurat Yahudi dan orang-orang Farisi yang rajin memberi persepuluhan tetapi tidak mengindahkan kesetiaan, belas kasih, dan keadilan.

Ucapan Tuhan Yesus tentang persepuluhan ahli-ahli Taurat Yahudi dan orang-orang Farisi ini dicatat dalam Matius 23:23 dan Lukas 11:42.

Jadi persepuluhan di sini adalah dalam konteks persepuluhan orang Yahudi di Perjanjian Lama, yang dilakukan oleh ahli-ahli Taurat Yahudi dan orang-orang Farisi, bukan dalam konteks persepuluhan orang Kristen Perjanjian Baru.

Jika perpuluhan hanya disebut satu kali dalam seluruh Alkitab Perjanjian Baru, itu pun dalam konteks persepuluhan ahli-ahli Taurat Yahudi dan orang-orang Farisi, bukan dalam konteks persepuluhan orang Kristen, maka kita orang percaya masa kini tidak diwajibkan/diharuskan memberi persepuluhan.

 

5. Sebagai Bagian Dari Hukum Taurat, Perpuluhan Telah Digenapi Tuhan Yesus

Alasan mengapa orang Kristen tidak wajib memberi/membayar perpuluhan, yang terakhir adalah: karena Tuhan Yesus telah menggenapi seluruh Hukum Taurat, termasuk persepuluhan.

Persepuluhan adalah bagian integral dari sistem Hukum Taurat Israel, yang sejajar dengan korban-korban dan persembahan-persembahan lainnya dalam ritual ibadah mereka.

Dan Tuhan Yesus telah menggenapi seluruh Hukum Taurat, termasuk persepuluhan.

Salah satu tujuan kematian Yesus di kayu salib adalah untuk menggenapi seluruh Hukum Taurat Yahudi (Matius 5:17), tentu termasuk juga persepuluhan, yang merupakan bagian integral sistem Hukum Taurat.

Menggenapi artinya adalah melakukannya secara sempurna.

Jika Tuhan Yesus telah menggenapi Hukum Taurat, termasuk persepuluhan, maka kita orang Kristen tidak lagi terikat untuk melakukannya.

Orang percaya tidak lagi wajib memberi/membayar persepuluhan.

 

Itulah 5 alasan mengapa orang Kristen tidak wajib membayar perpuluhan.

 

Tetapi sekali lagi, perlu ditekankan bahwa memberi perpuluhan tidaklah salah, tetapi bukan merupakan suatu keharusan.

Dan seperti yang telah disebut dalam pendahuluan artikel, kita perlu juga mengikuti peraturan gereja di mana kita bernaung.

Jika gereja di mana kita berjemaat mengharuskan membayar perpuluhan, maka alangkah baiknya jika kita mengikuti aturan tersebut, sekalipun kita mempunyai pandangan yang berbeda tentang perpuluhan.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!