5 Alasan Tidak Harus Beribadah Di Masa Virus Corona

4. Kita Harus Mematuhi Perintah Pemerintah

Alasan keempat mengapa kita tidak harus beribadah di gereja di masa-masa bahaya, khususnya di masa-masa virus corona/covid 19 yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini, adalah karena kita harus mematuhi peraturan pemerintah.

Rasul Paulus berkata bahwa kita orang Kristen harus menaati pemerintah.

Alasannya menurut Paulus adalah karena setiap pemerintah yang ada di dunia ini pada dasarnya berasal dari Allah. Tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Allah.

Pemerintah adalah “hamba Allah” demi kebaikan rakyat.

Sehingga barangsiapa melawan pemerintah yang sah pada dasarnya ia melawan Tuhan sendiri, yang menetapkan para pemerintah tersebut (Roma 13:1-4).

Menaati pemerintah berarti mengikuti segala aturan atau perundang-undangan yang berlaku, yang dibuat oleh pemerintah dalam setiap levelnya, sejauh itu tidak bertentangan dengan firman Tuhan (Kisah Para Rasul 4:19; 5:29).

Dalam konteks saat ini, kita harus mematuhi perintah pemerintah dalam hal pencegahan virus corona.

Salah satunya adalah larangan kepada masyarakat untuk keluar rumah dan mengunjungi tempat-tempat keramaian untuk jangka waktu tertentu.

Termasuk agar umat untuk sementara tidak melakukan ibadah dahulu di tempat ibadah, tetapi cukup di rumah saja.

Jadi kita perlu mematuhi peraturan pemerintah tersebut sebagai tanda ketaatan kepada pemerintah yang adalah wakil Tuhan di bumi.

 

5. Kita Harus Tunduk Kepada Pemimpin Gereja Kita

Alasan kelima/terakhir mengapa kita tidak harus beribadah di gereja di masa-masa bahaya, khususnya di masa-masa virus corona/covid 19 yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini, adalah karena kita harus tunduk kepada para pemimpin gereja kita (pendeta/gembala).

Para pemimpin gereja Tuhan (baik di tingkat gereja lokal, tingkat sinode,  ataupun aras nasional), seperti halnya pemerintah, juga menyerukan agar jemaat Tuhan untuk sementara tidak melakukan ibadah dahulu di tempat ibadah, tetapi cukup di rumah saja.

Di rumah bisa mengikuti ibadah secara online atau live streaming melalui media sosial, seperti Facebook atau Youtube, yang banyak diadakan oleh gereja-gereja.

Atau bisa juga berdoa sendiri/sekeluarga di rumah.

Seruan/himbauan para pemimpin gereja ini juga patut kita taati, sebab mereka melakukannya demi kebaikan kita sendiri dan kebaikan bersama umat Tuhan.

Alkitab berkata bahwa para pemimpin gereja Tuhan harus ditaati (Ibrani 13:17).

 

 

Itulah 5 alasan mengapa kita tidak harus beribadah di gereja di masa-masa bahaya, khususnya di masa-masa virus corona/covid 19 yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!