5 Doa Di Alkitab Yang Cocok Di Masa Corona

Artikel ini membahas tentang 5 doa di Alkitab yang cocok di masa wabah virus corona/covid 19.

Virus corona atau biasa disebut Covid-19, sedang mewabah di hampir seluruh negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Virus mematikan ini berawal di negara Cina dan telah merenggut ribuan korban jiwa serta puluhan ribu positif terinveksi dan sedang dalam perawatan.

Baca juga: 5 Ayat Alkitab Dalam Menghadapi Virus Corona

WHO, organisasi dunia di bidang kesehatan, terus menghimbau masyarakat untuk menjaga diri dari virus corona.

Demikian juga di tiap negara dilakukan berbagai upaya pencegahan terhadap virus ini sehingga tidak semakin banyak menimbulkan korban jiwa.

Salah satunya adalah dengan cara melarang masyarakat untuk keluar rumah dan mengunjungi tempat-tempat keramaian untuk jangka waktu tertentu.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Tidak Harus Beribadah Di Masa Virus Corona

Bahkan di Indonesia pemerintah beserta para pemimpin agama menghimbau agar umat untuk sementara tidak melakukan ibadah dahulu di tempat ibadah, tetapi cukup di rumah.

Virus corona, yang hingga kini belum ditemukan penyebab dan obatnya, menjadi momok menakutkan bagi banyak orang.

Keberadaan virus corona yang mudah menular jelas membuat banyak orang menjadi ketakutan.

Baca juga: 5 Sikap Kristen Yang Benar Dalam Menghadapi Virus Corona

Apalagi jika kita harus keluar rumah untuk mencari nafkah atau untuk urusan yang mendesak.

Lalu, sebagai orang percaya, bagaimanakah kita menyikapi virus corona ini?

Apakah kita hanya berdiam diri saja dan hidup dalam ketakutan? Tentu tidak.

Sebagai orang percaya kita harus berdoa.

Tetapi, bagaimanakah seharusnya doa kita dalam menghadapi bahaya virus corona?

Baca juga: 7 Malapetaka Di Alkitab Yang Lebih Dahsyat Dari Virus Corona

Apa saja yang perlu kitakan atau yang menjadi pokok-pokok doa kita?

Dalam artikel ini akan dicantumkan 5 doa dari Alkitab yang cocok/tepat di masa wabah virus corona/covid 19 yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini, termasuk di Indonesia.

Berikut kelima doa tersebut dan sedikit penjelasannya.

 

1. Doa Meminta Perlindungan Tuhan Seperti Yang Dilakukan Yabes

Doa pertama di Alkitab yang cocok di masa wabah virus corona/covid 19 adalah doa yang meminta perlindungan Tuhan seperti yang dipraktekkan oleh Yabes.

Yabes, salah satu keturunan Yehuda, berdoa untuk untuk perlindungan Allah kepada dirinya,

“Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: Kiranya Engkau memberkati Aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tanganMu menyertai aku, dan melindungi aku daripada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku! Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.” (1 Tawarikh 4:10)

Dalam kutipan ayat firman Tuhan di atas, Yabes berdoa kepada Allah untuk dirinya sendiri. Ia berdoa agar Allah memberkatinya berlimpah-limpah dan memperluas daerahnya.

Ia juga berdoa agar tangan Allah menyertainya dan melindunginya dari malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpanya.

Dan Allah mengabulkan doa Yabes tersebut!

Kita perlu meminta perlindungan Tuhan dari virus corona bagi diri kita sendiri, agar kiranya Tuhan menjauhkan kita dari virus mematikan tersebut!

Doa pribadi seperti ini tentu bukanlah wujud keegoisan.

Sebaliknya, Allah senang dengan doa seperti ini, sebab kita datang membawa hidup dan pergumulan kita pribadi kepadaNya, serta berharap pada pertolonganNya.

 

2. Doa Menyerahkan Segala Kekuatiran Kepada Tuhan Seperti Yang Diajarkan Rasul Paulus

Doa kedua di Alkitab yang cocok di masa wabah virus corona/covid 19 adalah doa menyerahkan segala kekuatiran kepada Tuhan seperti yang diajarkan rasul Paulus.

Kepada jemaat Tuhan di kota Filipi, rasul Paulus berkata,

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Fliipi 4:6-7).

Ketika kita menghadapi masalah hidup, sering kali kita menjadi begitu khawatir dan tertekan. Seperti pada masa-masa virus corona yang sedang mewabah ini.

Pada saat itulah doa memberikan kesejukan bagi jiwa kita.

Ketika kita datang kepada Bapa dalam doa, menyerahkan semuanya ke dalam tangan pengasihanNya, maka hati dan pikiran kita akan menjadi tenang.

Sebab damai-sejahtera yang dari Allah itu, yang tidak bisa kita pikirkan sebagai manusia, akan menyejukkan hati dan pikiran kita.

Semakin kita sering berdoa, semakin tenanglah hati dan pikiran kita, sehingga kita tidak cepat panik, takut dan khawatir ketika virus corona sedang mewabah saat ini.

 

3. Doa Untuk Kebutuhan Hidup Yang Terpenuhi Seperti Yang Diajarkan Tuhan Yesus

Doa ketiga di Alkitab yang cocok di masa wabah virus corona/covid 19 adalah doa yang meminta kebutuhan hidup terpenuhi, seperti yang diajarkan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya.

Dalam doa “Bapa Kami” yang terkenal, yang diajarkan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya, Tuhan Yesus berkata agar kita meminta keperluan hidup sehari-hari yang cukup.

“Karena itu berdoalah demikian: …. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.” (Matius 6:9,11).

Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk meminta kepada Bapa di Surga kebutuhan-kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Apalagi pada masa-masa virus corona ini, di mana orang lebih banyak tinggal di rumah, kita perlu lebih banyak berdoa lagi untuk kebutuhan hidup.

Ditambah lagi di beberapa tempat kebutuhan pokok tertentu mulai sulit didapatkan atau harganya melonjak naik dari harga biasanya.

Di samping itu, banyak juga pekerjaan dan bisnis yang sudah mulai terganggu atau mulai lesu, yang membuat penghasilan semakin berkurang.

Karena itu, doa yang diajarkan Tuhan Yesus ini, khususnya dalam konteks meminta kebutuhan sehari-hari menjadi sangat penting kita panjatkan.

Tentu saja kita harus tetap berusaha/bekerja sedapat mungkin untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan hidup kita di masa virus corona ini.

Namun kita juga harus mendoakannya, agar Tuhan buka jalan bagi rencana-rencana kerja kita. Dan supaya kita diberi hikmat, kesehatan dan kekuatan dalam mendapatkan kebutuhan-kebutuhan hidup kita tersebut.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!