5 Doa Di Alkitab Yang Cocok Di Masa Corona

4. Doa Bagi Mereka Yang Dalam Kesukaran Seperti Yang Dilakukan Oleh Nehemia

Doa keempat di Alkitab yang cocok di masa wabah virus corona/covid 19 adalah doa yang peduli bagi mereka yang ditimpa musibah corona seperti yang dilakukan oleh Nehemia.

Nehemia menulis,

“Kata mereka kepadaku: Orang-orang yang masih tinggal di daerah sana, yang terhindar dari penawanan, ada dalam kesukaran besar dan dalam keadaan tercela…. Ketika kudengar berita ini duduklah aku menangis dan berkabung selama beberapa hari. Aku berpuasa dan berdoa ke hadirat Allah semesta langit….” (Nehemia 1: 3-4)

Nehemia adalah seorang pejabat (juru minuman raja) di kerajaan Persia (yang menaklukkan kerajaan Babel), kerajaan di mana ia bersama-sama dengan orang-orang Yehuda lainnya menjadi orang-orang buangan dari Yehuda/Israel akibat dosa-dosa mereka kepada Tuhan.

Ia mendengar kabar bahwa saudara-saudara sebangsanya di Yehuda ada dalam kesukaran yang besar.

Ketika ia mendengar hal tersebut, ia mengoyakkan bajunya sebagai tanda perkabungan serta berdoa kepada Allah untuk pengampunan dan pertolonganNya bagi orang Yehuda tersebut.

Walaupun Nehemia jauh di negeri orang, dan mempunyai jabatan yang cukup terhormat sebagai pelayan raja, hidup nyaman di istana kerajaan, namun ia sangat berduka ketika ia mendengar orang lain dalam kesukaran yang besar.

Dan reaksinya adalah berkabung dan mendoakan mereka.

Ketika kita mendengar banyak orang yang dalam kesukaran, seperti mereka yang positif corona, yang kehilangan anggota keluarga karena virus corona, atau paramedis yang terus berjuang menyelamatkan mereka yang terpapar virus corona, maka kita perlu mendoakannya.

Doa-doa kita sangat membantu mereka di saat-saat krisis.

Biarlah kita juga ikut prihatin dan dengan sangat, memohon kepada Bapa agar kiranya Ia menolong dan menguatkan mereka serta melepaskan mereka dari kesukaran-kesukaran mereka.

 

5. Doa Bagi Pemulihan Bangsa Seperti Yang Diajarkan Tuhan Kepada Salomo

Doa kelima di Alkitab yang cocok di masa wabah virus corona/covid 19 adalah doa yang diajarkan Tuhan bagi umat Israel, seperti yang disampaikanNya kepada raja mereka, Salomo.

Tuhan berkata kepada raja Salomo waktu Ia menampakkan diri kepadanya,

“Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku, dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.” (2 Tawarikh 7:13-14)

Kutipan ayat firman Tuhan di atas adalah ayat yang sudah sangat terkenal ketika orang percaya berdoa untuk bangsa dan negaranya, terutama bagi mereka yang giat dalam doa syafaat.

Ini merupakan ayat firman Tuhan bagi bangsa Israel sebagai umat Allah, yang kalau bertobat, merendahkan diri dan mencari wajahNya/berdoa, Tuhan akan memulihkan negeri mereka dari kehancuran/penderitaan yang diakibatkan oleh dosa-dosa mereka.

Tetapi hal ini bisa juga kita terapkan bagi bangsa-bangsa lain, termasuk bangsa kita, Indonesia.

Kita, orang Kristen, adalah juga umat Allah (1 Petrus 2:9-10), bukan berdasarkan keturunan darah, seperti halnya bangsa Israel, melainkan berdasarkan kepercayaan di dalam Tuhan Yesus.

Jadi firman Tuhan di atas juga berlaku bagi kita, walaupun kekristenan bukan agama nasional kita, seperti halnya agama Israel (tidak semua bangsa kita orang percaya).

Jika kita, orang percaya, merendahkan diri, bertobat dari dosa-dosa kita, serta berdoa kepada Tuhan, maka dosa bangsa kita juga akan diampuniNya dan negeri kita – khususnya dalam hal virus corona dan hal ekonomi – akan dipulihkanNya.

Itulah janji Tuhan bagi umatNya yang berdoa.

Suatu bangsa/kota bisa mengalami berbagai krisis, penderitaan, malapetaka akibat dosa-dosa mereka di hadapan Tuhan, seperti halnya bangsa Israel.

Atau bisa juga karena hal lain, seperti halnya virus corona yang sedang kita alami saat ini.

Jika itu yang terjadi maka jalan keluarnya adalah umatNya harus bertobat dan berdoa kepada Allah.

Oleh karena itu kita harus berdoa terus-menerus bagi negeri kita, karena pemulihan negeri kita adalah tergantung dari pertobatan dan doa-doa kita umatNya.

Kita percaya bahwa Tuhan maha kuasa, jauh lebih berkuasa daripada virus corona.

Kita juga percaya bahwa doa kita orang percaya besar kuasanya.

 

Itulah 5 doa di Alkitab yang cocok dalam menghadapi virus corona yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!