Categories: FAKTA ALKITAB

5 Fakta Hukum Taurat Menurut Perjanjian Lama

 

4. Hukum Taurat Diberikan Sebagai Pedoman Dan Penuntun Bagi Bangsa Israel Sebagai Umat Pilihan Allah

Tujuan Tuhan memnerikan Hukum Taurat kepada bangsa Israel adalah sebagai penuntun/pedoman bagi mereka untuk hidup sesuai dengan kehendakNya.

Selain itu, juga agar terjadi ketertiban di tengah-tengah mereka.

Tuhan telah memilih bangsa Israel dari antara bangsa-bangsa lain di dunia.

Dan Ia mau agar umat Israel, yang dikhususkan bagiNya, hidup berbeda dengan bangsa-bangsa lain di dunia (Keluaran 19:5-6).

Dengan demikian mereka bisa menjadi saksi bagi bangsa-bangsa tersebut serta membawa mereka kepada Tuhan.

 

5. Hukum Taurat Merupakan Hak Istimewa Bangsa Israel Sebagai Umat Pilihan Allah

Hukum Taurat hanya diberikan kepada bangsa Israel sebagai umat pilihan Tuhan.

Dengan demikian Hukum Taurat menjadi salah satu ciri khas bangsa Israel, serta keistimewaan mereka dibanding bangsa-bangsa lainnya di dunia (Roma 3:1-2; 9:4).

Dan, Hukum Taurat menjadi salah satu “pembeda utama” antara bangsa Israel dengan bangsa-bangsa lain.

Itulah sebabnya bangsa Israel sangat bangga dengan Hukum Taurat yang mereka miliki.

Sejak Abraham, setelah kejatuhan manusia ke dalam dosa, Tuhan memang mengkhususkan diriNya hanya kepada sekelompok kecil manusia di bumi, yakni keturunan Abraham atau bangsa Israel.

Tuhan seolah-olah mengabaikan bangsa-bangsa lain di luar Israel.

Tetapi hal ini hanya sementara, pada akhirnya Tuhan akan kembali merangkul seluruh manusia ciptaanNya, lewat kedatangan Yesus Kristus di bumi.

 

Itulah 5 fakta tentang Hukum Taurat menurut Alkitab Perjanjian Lama.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Page: 1 2