5 Fakta tentang Kepala Pasukan Romawi dalam Penyaliban Yesus

Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus adalah salah satu tokoh Alkitab yang berperan dalam peristiwa penyaliban dan kematian Tuhan Yesus.

Kisah tentang Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini dicatat di Alkitab Perjanjian Baru, yakni di dalam ketiga Kitab Injil Sinoptik (Matius, Markus, Lukas).

Figur Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus biasanya dibahas dalam setiap peringatan Hari Kematian Yesus atau Hari Jumat Agung, setiap tahunnya.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Simon Orang Kirene

Kisah Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus, karena itu, menjadi penting untuk kita pelajari, apalagi di saat kita merayakan Hari Jumat Agung atau Hari wafat Tuhan kita Yesus Kristus.

Kisah penyaliban dan kematian Tuhan Yesus tidak mungkin terlepas dari figur Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus, khususnya jika kita mengingat kematian Yesus yang disertai oleh tanda-tanda ajaib.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Yusuf Arimatea

Lalu, siapakah sebenarnya Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus?

Seberapa penting tugas Kepala Pasukan Romawi pada zaman Perjanjian Baru?

Apa yang dilakukan oleh Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini sehingga penting untuk dibahas?

Dan apa saja yang dapat kita teladani dari Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus?

Baca juga: 7 Fakta Tentang Pontius Pilatus

Semuanya ini akan dibahas dalam artikel ini.

Di sini dicatat 5 fakta penting seputar Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus, sebagaimana yang dicatat di Alkitab atau ketiga Kitab Injil (Matius, Markus, Lukas).

Fakta-fakta apa sajakah itu? berikut pembahasannya.

 

1. Orang Romawi, non Yahudi 

Fakta pertama yang perlu kita ketahui tentang Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini adalah bahwa ia merupakan seorang Romawi.

Dalam arti, Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini bukanlah orang Yahudi atau orang Israel, keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub.

Sekalipun Alkitab tidak mengatakan demikian, tetapi hal itu adalah sebuah kebenaran umum. Kepala Pasukan Romawi adalah orang Romawi sendiri.

Alkitab tidak mencatat latar belakang Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini, bahkan namanya pun tidak disebut.

Dialah salah satu tokoh Alkitab yang tanpa nama tetapi punya peran penting dalam Alkitab. (Baca: 10 Tokoh Alkitab Tanpa Nama Tetapi Berperan Penting)

 

2. Seorang Penyembah berhala

Sebagaimana umumnya orang Romawi, Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini adalah seorang penyembah berhala yang tidak percaya kepada Tuhan.

Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus tersebut bukan orang yang percaya kepada Allah Sang Pencipta, Allah orang Israel, yakni Allah Abraham, Ishak, dan Yakub.

 

3. Seorang perwira yang membawahi 100 orang pasukan

Kepala pasukan Romawi biasanya adalah pemimpin para prajurit Romawi, biasanya membawahi 100 orang pasukan.

Demikianlah dengan Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini. Ia punya pasukan berisi 100 orang prajurit.

Dalam bahasa Inggris jabatan mereka disebut Centurion,  yang berasal dari kata Latin Centurio, yang artinya adalah seratus.

Artinya, jabatan Kepala Pasukan Romawi saat penyaliban Yesus ini cukup tinggi.

Untuk bisa menjadi seorang perwira yang membawahi seratus orang prajurit atau menjadi seorang Kepala Pasukan Romawi, seseorang harus meniti karier dari bawah.

Sehingga seorang Kepala Pasukan Romawi adalah seseorang yang telah membuktikan dirinya sebagai yang terbaik di antara sejawatnya sehingga terpilih menjadi pemimpin atas seratus prajurit.

Namun demikian, dalam proses penyaliban Tuhan Yesus, kemungkinan tidak semua prajurit dari Kepala Pasukan Romawi ini dikerahkan, yakni berjumlah 100 orang.

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!