Categories: GEREJA

5 Jawatan Pelayanan Di Alkitab

4. Gembala

Gembala adalah istilah kiasan bagi para pemimpin gereja di Alkitab.

Alkitab berkata bahwa Kristus adalah Kepala gereja. Dialah pemimpin GerejaNya.

Namun ketika Kristus naik ke surga, maka para muridNya menjadi pemimpin gereja secara nyata, yang bertanggung jawab kepadaNya sebagai Gembala Agung (1 Petrus 5:1-4).

Pertama-tama adalah kedua belas muridNya, yang adalah para rasul, lalu rasul-rasul lainnya seperti Paulus.

Para rasul memimpin gereja mula-mula secara kolektif. Petrus adalah pemimpin utama gereja mula-mula, sesuai dengan nubuat Tuhan Yesus (Matius 16:17-19).

Tuhan Yesus sendiri memerintahkan Petrus untuk menggembalakan domba-dombaNya/gerejaNya  (Yohanes 21).

Ketika jumlah anggota gereja bertambah, dan jumlah gereja lokal juga bertambah di berbagai tempat, maka para pemimpin baru mulai muncul.

Selain para rasul, sebagai pemimpin utama di gereja-gereja Perjanjian Baru, kemudian muncul juga jabatan-jabatan baru, yakni penatua, yang membantu para rasul di dalam memimpin gereja.

Jadi gembala yang dimaksud di sini pastilah para penatua jemaat.

Para penatua diangkat oleh para rasul (Kisah Para Rasul 14:23) atau wakil rasul (Titus 1:5) dari antara jemaat dengan persyaratan-persyaratan tertentu (1 Timotius 3).

Para rasul sendiri sebenarnya juga termasuk penatua (1 Petrus 5:1; 3 Yohanes 1:1).

Pada saat rasul-rasul masih hidup, penatua-penatua adalah ‘pemimpin kelas dua’, di bawah rasul-rasul.

Tetapi setelah generasi rasul tidak ada lagi, para penatua ini menjadi pemimpin-pemimpin tertinggi di masing-masing kota/gereja lokal (tampaknya pada zaman Alkitab dalam satu kota hanya ada satu gereja lokal).

Para penatua ini disebut juga sebagai penilik atau gembala, yang merupakan fungsi mereka dalam menggembalakan jemaat. Tampaknya mengambil model sinagoge Yahudi dan kepemimpinannya adalah kolektif atau jamak.

 

5. Pengajar

Sebagian orang melihat bahwa gembala adalah dua istilah yang menunjuk pada jawatan yang sama.

Jadi maksudnya adalah gembala-pengajar. Karena memang salah satu tugas gembala adalah mengajar jemaat.

Meski demikian, hal ini juga bisa menunjuk pada dua jawatan yang berbeda sekalipun fungsi dan tugasnya sangat mirip.

Istilah Gembala lebih pada kepemimpinan jemaat lokal yang menetap, tidak mobile seperti halnya para rasul, nabi, dan pemberita Injil.

Sementara Pengajar lebih pada fungsi mengajar, sekalipun boleh jadi ia seorang Gembala juga.

Tetapi Pengajar juga bisa melayani di berbagai gereja lokal, tidak menetap di satu (atau lebih) gereja lokal seperti halnya Gembala.

Dan jika Pengajar itu juga seorang Gembala, maka dia adalah Pengajar yang lebih mumpuni/berkarunia, seperti yang disinggung oleh rasul Paulus dalam 1 Timotius 5:17.

 

Itulah 5 Jawatan Pelayanan di Alkitab dan penjelasannya.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

Page: 1 2