5 Kelebihan Israel Sebagai Umat Pilihan Allah

4. Bait Suci

Bait Suci adalah tempat ibadah bangsa Israel sehari-hari dan menjadi pusat perayaan hari raya-hari raya mereka.

Bait Suci menjadi salah satu ciri khas bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah, yang membedakan mereka dari bangsa-bangsa lainnya.

Bait Suci juga sering disebut sebagai Rumah Allah, tempat di mana Tuhan berkenan diam di dalam sebuah bangunan buatan manusia (1 Raja-raja 9:3).

Jadi Bait Suci adalah lambang kehadiran Tuhan di tengah-tengah umatNya, bangsa Israel. Karena itulah Bait itu disebut Bait Suci, ia suci karena di dalamnya tinggal Yang Mahasuci, Tuhan Sang Pencipta semesta alam.

Bait Suci terdapat di kota Yerusalem, ibu kota Israel. Hal ini menjadikan Yerusalem menjadi sangat penting, sebab bukan saja menjadi pusat pemerintahan, tempat raja-raja Israel tinggal, tetapi juga menjadi pusat ibadah, tempat Tuhan berdiam.

5. Nenek Moyang Juruselamat/Mesias

Keistimewaan bangsa Israel juga tampak pada fakta bahwa merekalah yang menurunkan Mesias.

Mesias itu adalah Tuhan yang menjadi manusia, yang mati demi pengampunan dosa manusia. Dalam Mikha 5:1 disebutkan bahwa  “seorang yang akan memerintah Israel”, yang menurut pemahaman orang-orang Israel adalah Mesias (Matius 2:3-6), sudah ada sejak kekekalan, yang berarti yang ilahi.

Hal senada disampaikan oleh rasul Paulus tatkala menyinggung keistimewaan bangsa Israel dalam menurunkan Mesias.

Paulus berkata bahwa Mesias itu adalah Allah yang harus dipuji selamanya (Roma 9:5). Itulah sebabnya Mesias disebut Anak Allah (Matius 16:16).

Yesaya 53 menubuatkan bahwa Mesias harus menderita dan mati bagi pengampunan dosa manusia. Bahkan Mesias itu juga akan bangkit dari kematian.

Meski Mesias adalah ilahi, namun ia juga akan mati. Ia mati ketika ia berinkarnasi mengambil rupa manusia (Kisah Para Rasul 8:27-35).

Jadi bangsa Israel memiliki hak istimewa dalam menurunkan Mesias atau Juruselamat, yakni Tuhan Yesus.

Itulah sebabnya, kepada perempuan Samaria yang dijumpaiNya di sumur Yakub, Tuhan Yesus menegaskan bahwa keselamatan berasal dari bangsa Yahudi atau bangsa Israel (Yohanes 4:22).

Keselamatan tidak berasal dari bangsa Samaria atau bangsa mana pun, tetapi dari bangsa Israel. Karena dari bangsa Israel lah berasal Mesias, Sang Juruselamat dunia.

Itulah 5 kelebihan bangsa Israel sebagai umat pilihan Tuhan atau hak istimewa mereka dibanding bangsa lainnya.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!