5 Kerajaan Dalam Penglihatan Daniel Dan Penjelasannya

 

4. Paha Dan Kaki Patung Dari Besi = Kerajaan Romawi

“Sesudah itu akan ada suatu kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya.” (Daniel 2:40).

Sejarah mencatat bahwa setelah keruntuhan kerajaan Yunani, maka timbullah kerajaan Romawi. Kerajaan Romawi lebih besar dari semua kerajaan yang mendahuluinya, dan menjadi sangat kuat pada taraf di mana kerajaan mana pun belum pernah mencapainya.

Inilah makna dari lambang paha besi, logam yang paling keras dan kuat daripada emas, perak dan tembaga. Pada masa kejayaannya, Romawi menguasai seluruh wilayah di sekitar Laut Tengah, yang meliputi Timur Tengah, Eropa, dan Afrika.

Kerajaan Seleukus di Siria ditaklukkan oleh Romawi pada tahun 64 SM. Sedangkan kerajaan Ptolomeus di Mesir takluk kepada kerajaan Romawi pada tahun 30 SM. Kejayaan Romawi dimulai pada tahun 67 SM, yang secara historis muncul pertama kali di Alkitab dalam Lukas 2:1.

Dalam penglihatan Daniel tentang empat binatang dan Anak Manusia, disebutkan bahwa binatang yang keempat, yang melambangkan kerajaan Romawi, mempunyai 10 tanduk, yang menunjuk pada 10 raja yang akan muncul dari kerajaan tersebut. Disebutkan juga ada satu tanduk kecil yang muncul dari antara tanduk-tanduk itu (Daniel 7:7-8). Tanduk kecil tersebut menunjuk pada antikris pada akhir zaman. (Baca: 10 Fakta Tentang Antikris Yang Perlu Anda Ketahui)

Kerajaan Romawi adalah kerajaan terakhir sebelum kerajaan Mesias tiba. Dengan kata lain, kerajaan Mesias datang pada saat kerajaan Romawi berkuasa di dunia.

Karena kerajaan Romawi sudah runtuh sejak abad 15 M, sedangkan kerajaan Mesias belum tiba sampai saat ini, maka kerajaan-kerajaan dunia yang memerintah sekarang ini hingga kedatangan Kristus kedua kali dapat dianggap sebagai perpanjangan tangan kerajaan Romawi.

Jadi kendati kerajaan Romawi secara harfiah sudah lenyap, tetapi kerajaan-kerajaan dunia yang menyerupai Romawi, atau kerajaan-kerajaan yang dalam kejahatannya saat ini bersekutu untuk menentang Tuhan dan gerejaNya, dapat disebut sebagai “kerajaan Romawi” yang terakhir.

Hal ini tampak dari kerajaan antikris yang terakhir, yang berasal dari kerajaan Romawi, yang berperang melawan umat Tuhan sebelum kerajaan Mesias tiba (Daniel 7:23-27).

Dalam perjalanannya, kerajaan Romawi terbagi dua: Romawi barat yang beribukota di Roma dan Romawi timur yang beribukota di Byzantium atau Konstantinopel (sekarang Istanbul di Turki).

Kerajaan Romawi barat runtuh pada tahun 480 M melalui serangan suku-suku Jerman di Eropa. Sedangkan kerajaan Romawi timur atau sering juga disebut sebagai kerajaan Byzantium ditaklukkan oleh Ottoman dari Turki pada tahun 1453.

Dengan demikian kejayaan Romawi selama 15 abad berakhir. Rasul Yohanes telah melihat sebelumnya kejatuhan Romawi, yang sering disebut sebagai “Babel” (Wahyu 18:1-24).

Namun, walaupun telah runtuh lebih dari 500 tahun lalu, pengaruh Romawi masih sangat besar bagi dunia saat ini, baik dalam bidang politik, pemerintahan, militer, kebudayaan, hukum, dan lain sebagainya. Negara-negara besar saat ini, terutama Eropa dan Amerika, sangat kuat dipengaruhi oleh kejayaan Romawi di masa lalu.

Itulah sebabnya dalam arti tertentu, kekuatan dunia saat ini, merupakan perpanjangan tangan Romawi. Namun kekuatan “kerajaan-kerajaan dunia” ini beserta kejahatannya dalam menentang Tuhan dan umatNya, akan dibinasakan saat kedatangan Kristus untuk memerintah dalam kerajaan seribu tahun.

 

5. Batu Yang Meremukkan Kaki Patung Dari Besi = Kerajaan Mesias/Kerajaan Sorga

“Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya.” (Daniel 2:44).

Kerajaan terakhir dalam penglihatan Daniel, setelah keempat kerajaan dunia, adalah kerajaan Mesias atau Kerajaan Sorga. Dengan jelas disebutkan bahwa kerajaan ini ada bukan karena perbuatan manusia, tetapi karena Tuhan sendiri.

Dalam penglihatan Daniel tentang empat binatang dan Anak Manusia, dijelaskan bahwa pemerintahan diberikan oleh Yang Lanjut Usianya kepada Anak Manusia (Daniel 7:13-14).

Yang dimaksud dengan Yang Lanjut Usianya adalah Allah Bapa. Dan Anak Manusia adalah Tuhan Yesus. Inilah yang mendasari pemakaian istilah “Anak Manusia” sebagai gelar utama Tuhan Yesus semasa hidupNya di dunia. (Baca: 10 Gelar Yesus Terpopuler Di Alkitab)

Sedangkan “pemerintahan” yang dimaksud adalah pemerintahan dalam kerajaan Mesias atau Kerajaan Seribu Tahun (Wahyu 20:1-6), di mana Tuhan Yesus atau Mesias sebagai Rajanya. Setelah masa seribu tahun, maka pemerintahan diserahkan kembali kepada Bapa (1 Korintus 15:24-25).

Kerajaan-kerajaan dunia boleh timbul tenggelam, tetapi Kerajaan Sorga akan kekal selamanya. Tuhan berkuasa atas sejarah. Karena itu, orang percaya tidak perlu takut menghadapi apa pun yang terjadi dalam dunia ini.

Pada akhirnya, segala kerajaan dunia serta kejahatannya akan berlalu, kerajaan Mesias dan Kerajaan Sorga akan ditegakkan secara kekal di bumi, di mana Tuhan sendiri yang menjadi Rajanya. Inilah penghiburan sejati bagi orang percaya. (Baca: 10 Peristiwa Terpenting Yang Akan Terjadi Pada Akhir Zaman)

 

Itulah 5 Kerajaan dalam mimpi raja Nebukadnezar dan dalam penglihatan Daniel dan penjelasannya.

 

Perhatian:
Artikel ini merupakan saduran dari artikel yang berjudul “Kerajaan-Kerajaan Dalam Penglihatan Daniel”, aslinya adalah tulisan saya yang sudah dimuat di renungan harian Manna Sorgawi.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Sukai Halaman” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!