5 Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Menurut Alkitab

 

4. Membuat Orang Tua Bangga

Kewajiban/tanggung jawab anak kepada orang tua menurut Alkitab/Kristen, yang keempat adalah membuat mereka bangga dan bahagia.

“Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia. Biarlah ayahmu dan ibumu bersukacita, biarlah beria-ria dia yang melahirkan engkau.” (Amsal 23:24-25).

Sebaliknya dari membuat orang tua bersedih, seorang anak haruslah berusaha membuat orang tuanya bangga.

Mendapat nilai terbaik di sekolah/kampus, berprestasi di pekerjaan, serta melakukan kebaikan dalam hidup merupakan contoh membuat orang tua bangga dan bahagia.

Merupakan kewajiban seorang anak untuk membuat orang tuanya bangga, senang, dan bahagia atas perbuatannya.

 

5. Membantu Keuangan Orang Tua

Kewajiban/tanggung jawab anak kepada orang tua menurut Alkitab/Kristen, yang kelima adalah membantu keuangan mereka.

Sebisa mungkin anak yang sudah bekerja harus membantu keuangan orang tuanya, khususnya ketika mereka sudah tua dan tidak dapat lagi bekerja.

Tuhan Yesus mengecam orang-orang Farisi yang tidak membantu orang tuanya dengan alasan bahwa “bantuan” tersebut sudah dibuat sebagai persembahan kepada Allah.

“Tetapi kamu berkata: Barangsiapa berkata kepada bapanya atau kepada ibunya: Apa yang ada padaku yang dapat digunakan untuk pemeliharaanmu, sudah digunakan untuk persembahan kepada Allah, orang itu tidak wajib lagi menghormati bapanya atau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadatmu sendiri.” (Matius 15:5-6).

Di sisi lain rasul Paulus mengajarkan agar orang Kristen membantu orang tua mereka, khususnya yang sudah janda, agar tidak menjadi beban bagi jemaat.

“Tetapi jikalau seorang janda mempunyai anak atau cucu, hendaknya mereka itu pertama-tama belajar berbakti kepada kaum keluarganya sendiri dan membalas budi orang tua dan nenek mereka, karena itulah yang berkenan kepada Allah.” (1 Timotius 5:4)

“Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.” (1 Timotius 5:8)

Seorang anak berkewajiban/bertanggung jawab dalam membantu keuangan orang tuanya.

 

Itulah 5 kewajiban anak kepada orang tua menurut Alkitab dan menurut Kristen.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

(Visited 44 times, 2 visits today)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!