5 Perbedaan Gereja Ortodoks Timur Dengan Ortodoks Oriental

 

4. Perbedaan Dalam Hal Badan Pemimpin Gereja

Perbedaan antara Gereja Ortodoks Timur dengan Gereja Ortodoks Oriental yang keempat adalah dalam hal badan pemimpin gereja.

Gereja Ortodoks Timur mempunyai semacam badan pemimpin yang memiliki otoritas untuk mengadakan konsili umum (rapat para pemimpin) gereja.

Hal ini setara dengan Magisterium di Gereja Katolik, yakni badan yang punya wewenang di bidang pengajaran dan penafsiran Kitab Suci.

Sedangkan di dalam Gereja Ortodoks Oriental tidak ada badan semacam itu.

 

5. Perbedaan Dalam Hal Jumlah Penganut Dan Sebarannya

Perbedaan antara Gereja Ortodoks Timur dengan Gereja Ortodoks Oriental yang kelima adalah dalam hal jumlah penganut dan sebarannya.

Jumlah anggota jemaat gereja-gereja Ortodoks Timur di seluruh dunia adalah sekitar 200 juta-260 juta jiwa (sejumlah sumber mempunyai data yang berbeda).

Dan mayoritas gereja Ortodoks Timur berada di Eropa Timur dan Eropa Tenggara, tetapi hampir separohnya berada di Rusia.

Sedangkan jumlah anggota jemaat gereja-gereja Ortodoks Oriental di seluruh dunia adalah 76 juta jiwa.

Dan mayoritas gereja Ortodoks Oriental berada di Asia dan Afrika (Baca: 7 Aliran Utama Dalam Gereja Kristen)

 

Itulah 5 perbedaan utama antara Gereja Ortodoks Timur dengan Gereja Ortodoks Oriental.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

4 komentar untuk “5 Perbedaan Gereja Ortodoks Timur Dengan Ortodoks Oriental”

  1. Ardi M. Bhaswara

    Shalom. Trims atas Infonya. Sungguh mencerahkan dan membuka wawasan pengetahuan terhadap realita perjalanan rohani saudara/i seiman dari gereja lain. Kalau bisa, boleh semakin diperdalam terhadap kompleksitasnya dan lebih komprehensif. Teruslah berkarya. Trims.

  2. Terima kasih, sangat mencerahkan pemahaman saya tentang dua aliran gereja Ortodoks ini. Bahkan menghapus anggapan negatif tentang gereja Kristen Ortodoks Syiria. Kita semua bersaudara.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!