4. Perbedaan Dalam Hal Perubahan Makna Istilah

Perbedaan Nasrani dan Kristen atau perbedaan Kristen dan Nasrani, keempat adalah dalam hal makna istilah.

Istilah Nasrani pada awalnya punya makna sebagai mazhab atau sekte dalam agama Yahudi. Jadi saat itu Kristen belum dianggap sebagai sebuah agama tersendiri/agama yang berbeda dari agama Yahudi.

Hanya saja dalam perkembangannya kemudian, istilah ini merujuk pada sebuah agama tersendiri/agama yang berbeda dari agama Yahudi, hingga saat ini.

Sedangkan istilah Kristen pada awal kelahirannya sudah merujuk pada sebuah agama tersendiri/agama yang berbeda dari agama Yahudi. Demikian juga hingga saat ini.

Jadi istilah Nasrani mengalami perubahan makna sejak lahirnya istilah tersebut hingga pada masa kini.

Sedangkan istilah Kristen tidak mengalami perubahan makna sejak lahirnya istilah tersebut hingga pada masa kini.

 

5. Perbedaan Dalam Hal Pemakaian Kedua Istilah Saat Ini 

Perbedaan Nasrani dan Kristen atau perbedaan Kristen dan Nasrani, yang kelima adalah dalam hal pemakaian istilah saat ini.

Pada masa kini istilah Nasrani umumnya merupakan sebutan yang diberikan oleh orang Muslim terhadap orang Kristen, sekalipun orang Muslim juga sering memakai istilah Kristen.

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

Orang di luar Islam umumnya tidak menyebut orang Kristen sebagai Nasrani.

Demikian juga dengan orang Kristen sendiri, umumnya mereka tidak menyebut diri mereka sebagai Nasrani, sekalipun mereka tidak menolak disebut sebagai orang Nasrani.

Sebutan Nasrani terhadap orang Kristen berasal dari Al Quran, kitab suci agama Islam, dan maknanya adalah netral, bukan negatif atau sebuah ejekan.

Sedangkan istilah Kristen merupakan sebutan yang umum terhadap pengikut Tuhan Yesus pada masa kini, yang diberikan oleh orang di luar Kristen, selain orang Muslim, maupun oleh orang Kristen itu sendiri.

 

Itulah 5 Perbedaan antara Nasrani dan Kristen yang perlu kita ketahui.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan