7 Alasan Mengapa Doa Penting Bagi Orang Kristen

635946303028367548-1173385658_people-praying

Artikel ini membahas tentang 7 alasan mengapa doa penting bagi orang Kristen, atau mengapa orang Kristen perlu berdoa.

Doa adalah sesuatu yang sangat penting bagi hidup orang percaya. Itulah sebabnya mengapa kita perlu berdoa. Jika doa itu tidak penting maka tentu kita tidak perlu berdoa.

Baca juga: 7 Cara Berdoa Yang Benar Menurut Alkitab

Tetapi mengapa doa itu penting bagi orang percaya? Mengapa orang Kristen perlu bahkan harus berdoa?

Paling tidak ada 7 alasan yang bisa diberikan untuk menjawab pertanyaan ini. Ada 7 alasan mengapa doa penting bagi orang Kristen, mengapa orang Kristen perlu untuk berdoa.

Baca juga: 7 Syarat Agar Doa Dikabulkan

Di sini akan dibahas ketujuh alasan mengapa doa penting bagi orang Kristen tersebut, sehingga kita memahaminya dan mempraktekkannya.

 

1. Doa Membuat Hati Dan Pikiran Kita Tenang

Alasan mengapa doa penting bagi orang Kristen yang pertama adalah karena doa dapat memberikan kita ketenteraman batin, ketenangan hati dan pikiran.

Ketika kita menghadapi masalah hidup, sering kali kita menjadi begitu khawatir dan tertekan. Kita khawatir dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup kita.
Terlebih lagi jika itu adalah masalah yang sulit bagi kita. Pada saat itulah doa memberikan kesejukan bagi jiwa kita.

Ketika kita datang kepada Bapa dalam doa, menyerahkan semuanya ke dalam tangan pengasihanNya, maka hati dan pikiran kita akan menjadi tenang. Sebab damai-sejahtera yang dari Allah itu, yang tidak bisa kita pikirkan sebagai manusia, akan menyejukkan hati dan pikiran kita.

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Fliipi 4:6-7).

Berdoa bukan hanya agar kita mendapatkan apa yang kita minta, tetapi juga agar kita mendapat ketenteraman hati dan pikiran, sementara kita belum mendapat apa yang kita minta.

Semakin kita sering berdoa, semakin tenanglah hati dan pikiran kita, sehingga kita tidak cepat panik, takut dan khawatir ketika masalah-masalah hidup ini datang menimpa kita. Sebab damai-sejahtera yang dari Allah itulah (bukan dari dunia ini, seperti mengunjungi tempat-tempat hiburan malam, mengkonsumsi narkoba, dan hal-hal lain yang dibenci Tuhan) yang akan menjadi penghiburan bagi kita.

 

2. Doa Adalah Saluran Berkat-Berkat Tuhan Dalam Hidup Kita

Alasan lain mengapa doa itu penting bagi orang Kristen adalah karena doa merupakan saluran kasih, berkat dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita. Kita akan mendapatkan berkat, kebaikan dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita, jika kita datang kepadaNya melalui doa kita.

“Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.” (Yakobus 4:2)

Allah telah menyediakan bagi kita anak-anakNya sebuah “saluran” untuk menerima segala sesuatu yang baik dariNya. Dan saluran itu adalah doa. Dan melalui doalah kita bisa mendapatkan kasih, berkat, rahmat dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita.

Oleh karena itu doa begitu penting dalam hidup orang percaya. Jika kita tidak berdoa maka kita tidak akan mendapatkan berkat dan kebaikan Allah tersebut. Dan seringkali orang Kristen tidak mendapat pertolongan dan berkat-berkat Allah dalam hidup mereka dikarenakan tidak berdoa.

8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!