7 Alasan Mengapa Orang Kristen Harus Mengampuni

5. Mengampuni Adalah Ciri Manusia Baru

Alasan mengapa orang Kristen harus mengampuni, yang kelima adalah karena mengampuni adalah ciri/tanda manusia baru.

Rasul Paulus berkata bahwa sebagai manusia baru yang telah diselamatkan, orang Kristen harus memiliki ciri-ciri khusus, yakni: mengasihi, sabar, dan mengampuni sesama (Kolose 3:12-13).

Orang Keisten sudah seharusnya menjadi pengampun bagi sesamanya, khususnya sesama orang percaya.

 

6. Tidak Mengampuni Membuat Doa Kita Terhalang

Alasan mengapa orang Kristen harus mengampuni, yang keenam adalah karena jika tidak mengampuni maka doa kita akan terhalang.

Tuhan Yesus mengajarkan murid-muridNya tentang hubungan antara doa dengan pengampunan. Ia mengajarkan mereka agar mengampuni orang lain terlebih dahulu sebelum mereka berdoa kepada Tuhan (Markus 11:25).

Dalam ayat firman Tuhan di atas disebutkan bahwa jika kita berdoa, dan kita masih mempunyai sesuatu yang mengganjal dalam hati kita terhadap orang lain, misalnya kebencian, sakit hati, maka kita harus mengampuni orang tersebut terlebih dahulu.

Jika kita berdoa dengan cara tidak mengampuni orang lain, maka Tuhan tidak akan berkenan pada doa kita. (Baca: 7 Cara Berdoa Yang Benar Menurut Alkitab)

 

7. Tidak Mengampuni Membuat Kita Kehilangan Sukacita

Alasan mengapa orang Kristen harus mengampuni, yang ketujuh/terakhir adalah karena jika tidak mengampuni maka kita akan kehilangan sukacita.

Tidak mengampuni membuat seseorang menjadi benci bahkan menjadi dendam.

Jika terus dibiarkan maka hal ini akan membuat orang tersebut kehilangan sukacita.

Padahal Tuhan ingin agar kita tetap bersukacita (Filipi 4:4).

Jelas dosa, termasuk dosa tidak mengampuni (lihat poin 4 di atas), akan merenggut sukacita kita (Mazmur 51:10).

 

Itulah 7 Alasan mengapa orang Kristen harus mengampuni orang lain/sesama kita.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!