Loading...

7 Bukti Alkitab Bahwa Mesias Adalah Tuhan

Loading...

 

3. Mesias Bangkit Dari Kematian

Bukti Alkitab bahwa Mesias Adalah Tuhan yang ketiga adalah bahwa Mesias bangkit dari kematian.

Mazmur 16, yang juga mazmur raja Daud, juga menunjukkan bahwa Mesias itu adalah Tuhan, yang ilahi.

Dalam Mazmurnya, Daud mengatakan,

“Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.” (Mazmur 16:8-11)

Dalam ayat di atas, Daud mengatakan bahwa Tuhan tidak menyerahkan dia ke dalam kematian.

Namun demikian, dari khotbah rasul Petrus pada Hari Pentakosta kita mengetahui bahwa ternyata ayat-ayat itu mengacu kepada Mesias (Yesus), bukan kepada Daud, sekalipun yang menuliskan mazmur tersebut adalah Daud.

Kata-kata Daud,  “Sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang kudus-Mu melihat kebinasaan”, ternyata adalah nubuat Daud tentang kebangkitan Mesias dari kematian.

Sebab Daud tidak dibangkitkan dari kematian. Dia mati sampai sekarang (Kisah Para Rasul 2:20-32).

Rasul Paulus juga sama dengan rasul Petrus. Paulus melihat Mazmur 16 sebagai nubuat tentang kebangkitan Mesias (Kisah Para Rasul 13:35-37).

Kebangkitan Mesias dari kematian jelas membuktikan keilahianNya. Sebab Dia hidup selamanya sampai saat ini, tidak seperti orang-orang yang pernah dibangkitkan dari kematian, mereka mati lagi.

 

4. Mesias Sudah Ada Sejak Kekekalan

Bukti Alkitab bahwa Mesias Adalah Tuhan yang keempat adalah bahwa Mesias sudah ada sejak kekekalan.

Nabi Mikha berkata bahwa permulaan Mesias sudah sejak zaman purbakala.

“Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.” (Mikha 5:1)

Hal ini dapat diartikan bahwa Mesias itu pada dasarnya sudah ada sejak kekekalan. Dengan kata lain, Mesias itu tidak berawal, sebagaimana halnya dengan Allah.

Dan istilah Anak Allah menjadi identik dengan Mesias (Matius 16:16).

Dalam Mikha 5:1 di atas, jelas bahwa pemimpin yang dimaksud adalah Mesias, seperti yang dipahami oleh para ahli Taurat Yahudi (Matius 2:3-6).

 

5. Mesias Sudah Ada Sebelum Yohanes Pembaptis

Bukti Alkitab bahwa Mesias Adalah Tuhan yang kelima adalah bahwa Mesias sudah ada sebelum Yohanes Pembaptis.

“Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.” (Yohanes 1:30)

Sama seperti nabi Mikha, Yohanes Pembaptis juga melihat Mesias sebagai yang ilahi.

Hal ini tampak dari perkataannya yang menegaskan bahwa ia mendahului seseorang yang sudah ada sebelumnya, yakni Mesias (Yohanes 1:24-27).

Artinya, sekalipun Yesus baru datang di dunia/memulai pelayanan setelah Yohanes Pembaptis, sesungguhnya Dia sudah ada sebelum Yohanes Pembaptis.

Hal ini menunjukkan kekekalan Mesias, Yesus dan, karena itu, keilahianNya.

 

6. Mesias Mengampuni Dosa Manusia

Bukti Alkitab bahwa Mesias Adalah Tuhan yang keenam adalah bahwa Mesias mengampuni dosa manusia.

Setelah kebangkitanNya, Tuhan Yesus memerintahkan murid-muridNya untuk memberitakan bahwa Ia adalah Mesias.

 “Kata-Nya kepada mereka: Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini.” (Lukas 24:46-48).

Setelah kebangkitanNya, Tuhan Yesus berkata kepada murid-muridNya bahwa Mesias harus menderita dan mati.

Dan berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa dalam namaNya harus disampaikan kepada segala bangsa.

Dia juga berkata bahwa murid-muridNya harus menjadi saksi akan hal tersebut.

Jika di dalam Mesias ada pengampunan dosa manusia dan bahwa Ia harus diberitakan kepada segala bangsa di bumi, maka Mesias tersebut pastilah Tuhan, yang ilahi.

 

7. Mesias Adalah Allah Yang Menjadi Manusia

Bukti Alkitab bahwa Mesias Adalah Tuhan yang terakhir adalah bahwa Mesias adalah Allah yang menjadi manusia.

“Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaan-Nya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!” (Roma 9:5).

Dalam suratnya kepada jemaat di kota Roma, rasul Paulus menjelaskan tentang keilahian Mesias.

Paulus berkata bahwa Mesias, yakni Yesus, yang datang sebagai manusia, adalah Allah.

Inilah satu-satunya ayat di Perjanjian Baru yang secara eksplisit menyebut Yesus sebagai Allah, bukan Tuhan.

Kata “Allah” dalam ayat ini merupakan terjemahan kata Yunani (Bahasa asli Alkitab Perjanjian Baru) “Theos”, sebuah kata Yunani yang biasanya dipakai untuk menerjemahkan kata Ibrani (Bahasa asli Alkitab Perjanjian Lama) “El/Elohim” di Perjanjian Lama.

Sedangkan kata “Tuhan” merupakan terjemahan kata Yunani “Kurios”, yang biasanya dipakai untuk menerjemahkan kata Ibrani “Jehovah/Yahwe” atau “Adonai” di Perjanian Lama.

Dengan demikian Mesias dalam ayat ini disamakan dengan Allah Bapa, yang biasanya disebut sebagai “Theos”.

Artinya, Mesias itu adalah Tuhan atau Allah, yang ilahi.

 

Itulah 7 bukti Alkitab bahwa Mesias Adalah Tuhan.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!