Categories: KRISTOLOGI

7 Bukti Kebangkitan Yesus Menurut Alkitab

 

5. Para Murid Tuhan Yesus Berulang-ulang Menyaksikan Kebangkitan Tuhan Yesus

Bukti kebangkitan Yesus di Alkitab yang kelima adalah bahwa murid-murid Tuhan Yesus terus bersaksi tentang kebangkitanNya.

Setelah Yesus bangkit dari kematian dan menampakkan diri kepada murid-muridNya, maka para murid tersebut saling memberitahu satu sama lain.

Para perempuan yang dijumpai Yesus pasca kebangkitanNya memberitahu hal itu kepada Petrus dan teman-temannya.

Dua murid dalam perjalanan ke Emaus yang dijumpai Yesus juga memberitahunya kepada para rasul dan teman-teman mereka.

Demikian juga murid-murid yang dijumpai Yesus pada malam hari dalam ruang yang terkunci memberitahu hal tersebut kepada Tomas, yang saat itu tidak hadir.

Tentu saja para murid ini bukan orang-orang yang sedang mengigau atau menyaksikan kebohongan, tetapi menyaksikan kebangkitan Yesus yang mereka saksikan!

Bukan hanya itu, setelah Yesus naik ke surga, kebangkitan Yesus menjadi inti pemberitaan para rasul dan murid-muridNya yang lain.

Itulah inti penginjilan dan khotbah-khotbah mereka.

Misalnya, ketika banyak orang Yahudi yang menyaksikan para murid dipenuhi Roh Kudus, Petrus bangkit dan berkhotbah tentang kebangkitan Yesus seperti yang dinubuatkan di Perjanjian Lama.

Ia juga menantang mereka untuk percaya kepada Yesus yang bangkit serta bertobat dan memberi diri dibaptis, yang akhirnya menghasilkan 3000 petobat baru (Kisah Para Rasul 2).

Para rasul, saksi kebangkitan Yesus, mustahil mengajak orang untuk percaya kepada seseorang yang telah mati dan tidak bangkit!

 

6. Para Murid Tuhan Yesus Berubah Secara Radikal

Bukti kebangkitan Yesus di Alkitab yang keenam adalah murid-murid Tuhan Yesus berubah secara radikal.

Murid-murid Tuhan Yesus mengalami perubahan secara radikal setelah Yesus bangkit.

Setelah Yesus ditangkap, maka murid-muridNya melarikan diri, sekalipun mereka telah bersumpah siap mati bersama Yesus.

Bahkan mereka mengunci pintu karena takutnya kepada orang-orang Yahudi.

Tetapi setelah Yesus bangkit, semuanya berbalik.

Mereka semua menjadi berani!

Ketika ditangkap para pemimpin Yahudi karena memberitakan Injil, Petrus dan Yohanes dengan tegas berkata bahwa mereka lebih takut kepada Allah ketimbang manusia (Kisah Para Rasul 4:19-20; 5:29).

Para rasul terus memberitakan Injil di Bait Allah dan rumah-rumah (Kisah Para Rasul 5:42).

Bahkan dari tradisi gereja kita tahu bahwa sebagian besar dari murid-muridNya tersebut mati martir karena Tuhan Yesus (Baca: 12 Murid Yesus Dan Akhir Hidup Mereka)

Mereka ini semua tentu tidak mungkin mau mati bagi orang yang mati dan yang tidak bangkit!

 

7. Dalam Rentang Waktu Puluhan Tahun Tuhan Yesus Menyatakan Diri Berulang-ulang Dari Surga

Bukti kebangkitan Yesus di Alkitab yang ketujuh adalah Tuhan Yesus secara berulang-ulang menampakkan diriNya dari surga.

Setelah Tuhan Yesus naik ke surga, atau berada di surga, Ia masih menampakkan diri lagi kepada murid-muridNya.

Tujuan Penampakan Tuhan Yesus tersebut adalah untuk menguatkan, menghibur, mengarahkan murid-muridNya, bahkan untuk memberi pesan khusus kepada gerejaNya menyangkut akhir zaman.

Setelah Tuhan Yesus berada di surga, Alkitab mencatat bahwa setidaknya Ia menampakkan diri sebanyak 4 kali kepada murid-muridNya.

Penampakan yang dimaksud di sini adalah penampakan Tuhan Yesus secara pribadi, dalam wujud yang dapat dikenali oleh para muridNya, bukan penampakan dalam bentuk penglihatan. (Baca: 4 Penampakan Yesus Setelah KenaikanNya Ke Surga)

Hal ini juga tentu adalah bukti lain bahwa Ia telah bangkit dari kematian, naik ke surga, dan hidup selamanya.

 

Itulah 7 bukti kebangkitan Yesus dari kematian menurut Alkitab Perjanjian Baru.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Page: 1 2