7 Ciri Doa Tuhan Yesus Yang Patut Diteladani

 

5. Berdoa Penuh Keyakinan

Ciri doa Tuhan Yesus berikutnya adalah Ia yakin bahwa Bapa selalu mendengar doaNya.

Tuhan Yesus yakin bahwa BapaNya akan selalu mendengar Dia, seperti pengakuanNya sendiri.

“Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepadaMu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku….” (Yohanes 11:41-42).

Kutipan ayat di atas adalah merupakan bagian dari doa Tuhan Yesus ketika Ia akan melakukan mujizat yang besar, yaitu membangkitkan Lazarus dari kematian. Tuhan Yesus tidak pernah berdoa tanpa yakin BapaNya mendengarNya. Hal ini tampak dari pengakuanNya sendiri.

Keyakinan Tuhan Yesus akan BapaNya, yaitu bahwa BapaNya akan selalu mendengar doaNya, tentu adalah karena kepercayaanNya terhadap kasih BapaNya. Ia yakin bahwa BapaNya mengasihi Dia. Dalam Yohanes 3:35 Tuhan Yesus mengatakan bahwa BapaNya mengasihiNya sehingga Ia (BapaNya) telah menyerahkan segala sesuatu kepadaNya.

Jika Bapa telah menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan Yesus, maka tentu Tuhan Yesus yakin hal apa pun akan diserahkan/diberikan juga kepadaNya tatkala Ia berdoa kepada BapaNya tersebut.

Tuhan Yesus juga pernah mengajar murid-muridNya agar berdoa dengan penuh kepercayaan/dengan iman (Matius 21:22). Artinya kita harus percaya bahwa Allah akan mengabulkan doa kita.

 

6. Berdoa Dengan Mengagungkan Bapa

Ciri doa Tuhan Yesus berikutnya adalah pengagungan kepada Bapa.

Tuhan Yesus biasanya meninggikan, mengagungkan dan memuliakan Bapa dalam doaNya. Dia tidak hanya sibuk mengajukan permohonanNya kepada Bapa, namun Ia juga mengagungkan BapaNya di dalam doaNya.

Ada banyak ayat firman Tuhan yang mencatat doa-doa Tuhan Yesus yang dipenuhi dengan pengagungan kepada Allah.

Dalam Yohanes 17: 11b, 25a Tuhan Yesus mengagungkan Bapa dengan menyebutNya sebagai “Bapa yang kudus” dan “Bapa yang adil”, ketika Ia berdoa untuk murid-muridNya.

Pada suatu kesempatan yang lain Tuhan Yesus memuliakan BapaNya,

“…Bapa, muliakanlah nama-Mu!” (Yohanes 12:28a).

Tuhan Yesus memuliakan BapaNya dalam seruanNya yang pendek tersebut. “Mulia” adalah salah satu sifat Allah yang lain.

Dan pada kesempatan lain lagi, dalam doaNya Tuhan Yesus juga mengakui bahwa Bapa adalah Tuhan atas langit dan bumi (Matius 11:25). Tuhan Yesus sangat mengagungkan BapaNya dengan menyebutNya sebagai “Tuhan atas langit dan bumi.”

Hal-hal ini semua adalah bentuk pengangungan Yesus kepada Bapa.

Pengagungan kepada Allah merupakan ciri khas doa-doa orang Yahudi di Perjanjian Lama. Sebagai contoh adalah doa Daud (1 Tawarikh 29:11), yang merupakan “dasar” bagian akhir Doa Bapa Kami (Matius 6:13b).

 

7. Berdoa Dengan Ucapan Syukur

Ciri doa Tuhan Yesus yang terakhir adalah bahwa Dia berdoa dengan dipenuhi ucapan syukur.

Di dalam doaNya, selain mengagungkan nama Allah Bapa, Yesus juga mengucap syukur kepadaNya. Ada perbedaan antara mengagungkan Allah dengan mengucap syukur kepadaNya.

Pengagungan akan Allah berkaitan dengan “keberadaanNya”, karena siapa Dia. Sedangkan pengucapan syukur berkaitan dengan “perbuatanNya”, karena apa yang telah dilakukanNya.

Alkitab mencatat beberapa contoh ketika Tuhan Yesus bersyukur dalam doaNya.

Ketika memberi makan 5000 orang dengan lima roti dan dua ikan, Tuhan Yesus mengucap syukur terlebih dahulu.

“Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.” (Yohanes 6:11).

Demikian juga ketika Ia memberi makan 4000 orang dengan tujuh roti dan beberapa ikan, Ia mengucap syukur terlebih dahulu.

“Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak.” (Matius 15:36).

Doa Tuhan Yesus adalah doa yang dipenuhi dengan ucapan syukur (berterima kasih kepada Allah). Dan hal ini patut kita teladani.

 

Itulah 7 ciri doa Tuhan Yesus yang patut diteladani.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

7 komentar untuk “7 Ciri Doa Tuhan Yesus Yang Patut Diteladani”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!