Loading...
Loading...

7 Diaken Gereja Yang Pertama Di Alkitab

Tradisi menyebut Prokorus sebagai sepupu dari Stefanus. Ia juga disebut sebagai teman sepelayanan rasul Petrus dan rasul Yohanes, yang menahbiskannya sebagai gembala gereja di Nikomedia, Bitinia (saat ini masuk wilayah Turki).

Dia secara salah dianggap sebagai penulis kitab “Kisah Yohanes”, sebuah kitab apokrifa (kitab yang tidak diakui oleh gereja sebagai bagian dari Alkitab yang sah). Menurut para ahli, kitab tersebut ditulis pada akhir abad kedua Masehi, tentu Prokhorus sudah meninggal saat itu.

Menurut tradisi yang kemudian, Prokhorus menjadi gembala gereja di Antiokhia, Siria, dan mati martir di kota itu pada abad pertama Masehi.

Prokhorus juga dianggap salah satu dari 70 murid Tuhan Yesus (Lukas 10:1).

 

4. Nikanor

Diaken gereja Yerusalem keempat adalah Nikanor.

Seperti telah disebut di atas, nama Nikanor tidak muncul lagi di Alkitab. Tetapi ada beberapa tradisi yang menulis tentangnya.

Menurut Caesar Baronius, dalam karyanya Annales Ecclesiastici, Nikanor adalah seorang Yahudi dari Siprus. Dia dikatakan kembali ke kampung halamannya di Siprus dan mati martir di sana pada tahun 76 Masehi.

Namun cerita ini kini dianggap tidak akurat dari segi sejarah, karenanya tidak bisa dipastikan.

Catatan-catatan lainnya menyebut bahwa Nikanor mati martir di “Berj,” sebuah tempat yang tidak dikenal, mungkin dikacaukan dengan “Botrys”, Libanon.

Menurut tradisi, Nikanor adalah salah satu dari 70 murid Tuhan Yesus (Lukas 10:1).

 

5. Timon

Diaken gereja Yerusalem kelima adalah Timon.

Nama Timon tidak ada disebut lagi di Alkitab, seperti telah dijelaskan di atas.

Namun, sekalipun namanya tidak disebut lagi di Alkitab, sebagaimana dengan 4 diaken lainnya, di luar Stefanus dan Filipus, tradisi menyebut Timon menjadi seorang gembala gereja di Yunani atau di Bosra, Siria.

Di dalam catatan-catatan lainnya, diceritakan bahwa khotbah Timon membangkitkan amarah gubernur setempat sehingga membakarnya dengan api.

Timon juga disebut dalam tradisi gereja sebagai salah satu dari 70 murid Tuhan Yesus (Lukas 10:1).

 

6. Parmenas

Diaken gereja Yerusalem keenam adalah Parmenas.

Seperti telah disebut di atas, Parmenas tidak ada lagi disebut di Alkitab, selain dalam pengangkatannya sebagai salah satu diaken gereja mula-mula.

Namun dalam sebuah tradisi, Parmenas dikatakan memberitakan Injil di Asia Kecil selama bertahun-tahun. Hippolitus dari Roma mengatakan bahwa Parmenas menjadi gembala gereja di Soli. Namun Soli yang dimaksud di sini tidak bisa dipastikan, sebab Soli ada di Siprus dan ada di Sisilia.

Setelah itu Parmenas dikatakan tinggal di Makedonia, di mana ia mati martir di kota Filipi pada tahun 98 Masehi, pada masa penganiayaan Trajan, kaisar Romawi.

Menurut tradisi, Parmenas adalah salah satu dari 70 murid Tuhan Yesus (Lukas 10:1).

 

7. Nikolaus

Diaken gereja Yerusalem ketujuh atau terakhir adalah Nikolaus.

Nikolaus disebut sebagai penganut agama Yahudi (Kisah Para Rasul 6:5). Hal ini berarti bahwa Nikolaus bukanlah seorang Yahudi, dia adalah seorang Yunani, tetapi menganut agama Yahudi, sebelum ia menjadi seorang Kristen.

Seperti telah disebut di atas, kisah tentang Nikolaus tidak muncul lagi di Alkitab. Namun yang menarik, dalam Wahyu 2:6, 15, disebutkan tentang pengikut-pengikut Nikolaus yang ajarannya dibenci oleh Tuhan Yesus.

Menurut beberapa tradisi gereja, yang dimaksud dengan Nikolaus dalam kitab Wahyu adalah Nikolaus sang Diaken Gereja Yang Pertama. Namun jelas mereka bukanlah pengikut Nikolaus yang sesungguhnya, sebab ajaran mereka pasti sesat, sehingga dibenci oleh Tuhan Yesus. Sedangkan diaken Nikolaus sudah pasti pengikut ajaran Kristen yang benar.

Jika demikian, klaim orang-orang yang menyebut diri sebagai para pengikut Nikolaus adalah sepihak. Mungkin mereka salah dalam mengartikan ajaran Nikolaus (ini berarti semasa hidupnya Nikolaus juga aktif mengajar/memberitakan Injil seperti halnya Stefanus dan Filipus).

Atau mungkin mereka hanya mencatut nama Nikolaus agar diakui oleh orang banyak (hal ini berarti bahwa nama Nikolaus pada masa itu cukup terkenal). Yang jelas para pengikut Nikolaus ini adalah sebuah sekte sesat (Baca juga: 7 Nabi Perempuan Di Alkitab).

Kendati namanya dicatut oleh banyak pengikut, yang mengindikasikan bahwa ia seorang yang aktif memberitakan Injil dan cukup berpengaruh pada masa itu, tidak ada catatan tradisi tentang pelayanan dan akhir hidup Nikolaus.

Namun tradisi menyebut bahwa ia adalah salah satu dari 70 murid Tuhan Yesus (Lukas 10:1), seperti halnya para Diaken Gereja Yang Pertama lainnya.

 

Itulah 7 Diaken Gereja Yang Pertama di Alkitab Perjanjian Baru.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!