7 Fakta Penting Tentang Andreas Di Alkitab

 

5. Andreas Juga Membawa Orang-orang Yunani Kepada Tuhan Yesus

 

Andreas juga membawa orang-orang Yunani untuk bertemu dengan Tuhan Yesus.

Pada suatu kesempatan, sekumpulan orang Yunani datang kepada Filipus dan meminta dia untuk mempertemukan mereka dengan Yesus.

Mereka ini adalah orang-orang Yunani yang telah menganut agama Yahudi dan akan beribadah di hari raya Paskah Yahudi di Yerusalem.

Karena Tuhan Yesus saat itu juga sedang ikut perayaan Paskah di Yerusalem, maka orang-orang Yunani itu merasa ada kesempatan untuk bertemu dengan Yesus.

Mungkin mereka sudah mendengar tentang kepopuleranNya di antara orang banyak, baik melalui pengajaran-pengajaranNya maupun melalui mujizat-mujizat yang diperbuatNya.

Memang banyak orang saat itu ingin bertemu dengan Tuhan Yesus.

Mendengar permintaan orang-orang Yunani tersebut, Filipus meminta bantuan kepada Andreas, lalu mereka berdua membawa orang-orang Yunani tersebut kepada Yesus (Yohanes 12:20-22).

Menarik, karena orang-orang Yunani ini sebelum bertemu Yesus terlebih dahulu menghubungi Filipus.

Tidak jelas mengapa orang-orang Yunani datang kepada Filipus terlebih dahulu, sebelum mereka datang kepada Yesus.

Tetapi hal ini sangat mungkin karena Filipus berasal dari Betsaida, sedangkan orang-orang Yunani itu sangat mungkin berasal dari Dekapolis, yaitu wilayah yang mayoritas penduduknya orang Yunani, yang cukup dekat dengan Betsaida.

Menarik juga karena Filipus memberitahukannya terlebih dahulu kepada Andreas. Hal ini mungkin karena mereka dekat, mengingat mereka satu kota.

Atau mungkin karena Andreas dianggap oleh  Filipus lebih dekat kepada Tuhan Yesus ketimbang dirinya, mengingat Andreas adalah murid pertanaNya.

Filipus dan Andreas sama-sama mempunyai nama Yunani dan pasti dapat berbahasa Yunani, sehingga mungkin bisa lebih akrab dengan orang-orang Yunani yang tentu berbahasa Yunani juga.

Hal ini mengindikasikan bahwa Andreas (tentu Filipus juga), adalah seorang yang aktif dalam membawa orang kepada Tuhan Yesus, atau memperkenalkanNya kepada orang lain, seperti yang dilakukannya terhadap Petrus (poin 2 di atas) dan anak kecil tersebut (poin 4 di atas).

Tidak heran, Andreas disebut sebagai “penginjil nasional dan internasional yang pertama”.

 

6. Andreas Adalah Satu Dari 4 Murid Tuhan Yesus Yang Bertanya Tentang Hukuman Israel KepadaNya 

 

Andreas adalah salah satu dari 4 murid yang bertanya tentang hukuman Yerusalem kepada Tuhan Yesus, di samping tiga murid terdekatNya, yakni Petrus, Yohanes, Yakobus (Markus 13:3, 4).

Hal ini cukup menarik.

Sebab tidak pernah disebut di Alkitab Tuhan Yesus bersama sekelompok kecil muridNya di luar tiga murid terdekatNya (Petrus, Yohanes, Yakobus).

Mungkin murid-murid Tuhan Yesus yang lain juga hadir pada saat itu,  tetapi keempat murid tersebutlah yang secara khusus berbicara denganNya.

Hal ini membuktikan bahwa Andreas adalah salah satu murid terpenting Tuhan Yesus di luar 3 murid terdekatNya.

Boleh dikatakan Andreas adalah murid terdekat ke-4Nya.

Mungkin hal ini karena Andreas adalah murid pertamaNya.

 

7. Andreas Setia Dalam Bersekutu Dan Melayani Pasca Kenaikan Tuhan Yesus, Dan Menurut Tradisi Mati Martir Di Patras

 

Sebutan nama Andreas setelah Tuhan Yesus  naik ke surga hanya satu kali (seperti umumnya murid-muridNya yang lain di luar 3 murid terdekatNya).

Tetapi yang jelas Andreas pasti setia bersekutu dan melayani bersama gereja Tuhan.

Dan sebutan “rasul-rasul” dalam pasal-pasal awal kitab Kisah Para Rasul pastilah merujuk semua rasulNya, termasuk Andreas.

Menurut tradisi, Andreas menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di Skitia, bagian utara Laut Hitam.

Tetapi sebuah buku kecil yang berjudul Acts of Andrew (kemungkinan ditulis tahun 260 Masehi), menceritakan bahwa ia memberitakan Injil terutama di daerah Makedonia dan mati martir di Patras, Yunani.

Dikatakan bahwa Andreas disalibkan di kayu salib berbentuk huruf X, sebuah bentuk religius yang kini dikenal sebagai Salib Andreas.

Bangsa Skotlandia menjadikan Salib Andreas ini sebagai lambang bendera negara mereka. (Baca: 12 Murid Yesus Dan Akhir Hidup Mereka)

 

Itulah 7 fakta penting tentang Andreas menurut Alkitab Perjanjian Baru.  

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan. 

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!