7 Fakta Penting Tentang Barnabas Di Alkitab

 

5. Barnabas Adalah Salah Satu Penginjil Terbesar Di Alkitab

Fakta kelima tentang Barnabas di Alkitab adalah: dia merupakan salah satu penginjil terbesar di Alkitab.

Dari gereja Antiokhia, Roh Kudus mengutus Paulus dan Barnabas, dua dari lima pemimpin gereja Antiokhia, untuk pergi memberitakan Injil (Kisah Para Rasul 13:1-3).

Maka Barnabas dan Paulus pun pergi memberitakan Injil ke berbagai kota.

Setelah beberapa lama, maka Paulus dan Barnabas berselisih paham karena Markus, sehingga mereka berpisah dalam pelayanan.

Paulus membawa Silas sertanya, sedangkan Barnabas membawa Markus, yang juga keponakannya (Kisah Para Rasul 15:35-41).

Alkitab (Kitab Kisah Para Rasul) kemudian lebih banyak membahas penginjilan yang dilakukan oleh rasul Paulus dan teman-temannya, hingga Paulus tiba di Roma dan memberitakan Injil.

Sedangkan Barnabas dan Markus memberitakan Injil ke Siprus, kampung halaman Barnabas.

Setelah itu, tidak ada lagi catatan Alkitab tentang Barnabas, kecuali dalam kutipan perkataan Paulus dalam surat-suratnya.

Tetapi yang jelas Barnabas tetap memberitakan Injil, walau tidak semasif Paulus, mantan rekan yang untuknya Barnabas banyak memberi andil.

Dan penginjilan yang dilakukan Barnabas, baik ketika bersama Paulus, maupun ketika bersama Markus, telah membuatnya menjadi salah satu penginjil terbesar di Alkitab. (Baca: 10 Penginjil Terbesar Di Alkitab)

 

6. Barnabas Adalah Seorang

Rasul Tuhan Yesus

Fakta keenam tentang Barnabas di Alkitab adalah: dia merupakan seorang rasul Tuhan Yesus.

Istilah “rasul” berasal dari bahasa Yunani, “apostolos”, yang berarti “utusan”.

Jadi para rasul adalah orang-orang yang diutus Tuhan Yesus untuk memberitakan Injil.

Sekalipun arti rasul adalah utusan, dan semua orang percaya juga diutus untuk memberitakan Injil, namun istilah rasul punya makna khusus di dalam Alkitab Perjanjian Baru, yakni utusan-utusan langsung Tuhan Yesus.

Jadi Barnabas juga adalah rasul, di luar 12 rasul/murid pertama Tuhan Yesus.

Di Alkitab Perjanjian Baru memang paling tidak ada 7 rasul lagi di luar 12 murid Tuhan Yesus yang pertama, salah satunya adalah Barnabas. (Baca: 7 Rasul Di Luar 12 Murid Yesus)

Barnabas disebut sebagai rasul dalam Kisah Para Rasul  13:43.

Tradisi gereja memasukkan nama Barnabas ke dalam kelompok 70 murid Tuhan Yesus (sehingga semakin terlihat pengutusan langsung Tuhan Yesus atas dirinya).

Dan menurut tradisi gereja, Barnabas meninggal sebagai martir.

 

7. Barnabas Juga Seorang Nabi Di Perjanjian Baru

Fakta terakhir tentang Barnabas di Alkitab adalah: dia merupakan seorang nabi di Perjanjian Baru.

Selain sebagai rasul, Barnabas juga seorang nabi (Kisah Para Rasul 13:1).

Selain rasul Paulus dan Barnabas, setidaknya ada tiga orang lagi pemimpin gereja Antiokhia yang disebut nabi di Alkitab, yakni Simeon, Lukius, dan Menahem. (Baca: 5 Pemimpin Utama Gereja Antiokhia Di Alkitab

Mereka disebut sebagai nabi sekaligus pengajar, tetapi juga punya arti bahwa merekalah pemimpin-pemimpin utama di gereja Antiokhia.

Nabi adalah mereka yang mendapat pesan dari Tuhan dan menyampaikannya kepada umatNya, baik secara lisan maupun tulisan.

Sedangkan pengajar adalah mereka yang mengajarkan firman Tuhan kepada jemaat,  baik berdasarkan pesan yang mereka terima langsung dari Tuhan, maupun berdasarkan Kitab Suci Perjanjian Lama.

Pada masa itu nabi dan pengajar adalah dua jabatan gereja yang berbeda (1 Korintus 12:28; Efesus 4:11).

Tetapi ada juga orang-orang yang memiliki kedua jabatan tersebut sekaligus, seperti kelima pemimpin gereja Antiokhia tersebut.

Selain kelima pemimpin gereja Antiokhia itu, ada lagi sejumlah nabi yang disebut di Perjanjian Baru. (Baca: 10 Nabi Terbesar Di Perjanjian Baru)

Fakta bahwa Barnabas adalah seorang nabi menunjukkan bahwa dia adalah seorang hamba Tuhan yang luar biasa, yang tidak kalah dengan rasul Paulus dan para rasul lainnya.

 

Itulah 7 fakta penting tentang Barnabas menurut Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!