7 Fakta Penting Tentang Daniel Di Alkitab

 

5. Karena Iri, Daniel Difitnah Para Pejabat Lain Sehingga Ia Dibuang Ke Gua Singa Tetapi Tuhan Selamatkan

Atas anugerah Tuhan, karier pemerintahan Daniel terus berlanjut di Babel.

Setelah beberapa lama (di usianya yang sudah tua, 80 tahun!), Daniel menjadi satu dari tiga orang yang menjadi pejabat tertinggi di bawah raja Darius, yang menaklukkan Babel.

Tetapi Daniel melebihi dua pejabat tertinggi raja tersebut dan para pejabat yang lainnya.

Karenanya, para pejabat lain menjadi iri kepada Daniel. Mereka mencari-cari kesalahannya, namun mereka tidak mendapati satu pun perbuatan tercela dalam diri Daniel.

Lalu mereka menghasut raja agar dikeluarkan undang-undang yang melarang siapa pun untuk menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa/Allah atau manusia lain selain kepada raja Darius (agar mereka dapat menjerat Daniel).

Ketika Daniel mendengar hal tersebut, ia pun berdoa kepada Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya. (Baca: 10 Karakter Tokoh Alkitab Perjanjian Lama Yang Patut Diteladani).

Tetapi justru ketika berdoa itulah Daniel dijerat oleh lawan-lawan politiknya dan mengadukannya kepada raja.

Daniel akhirnya dihukum dengan melemparkannya ke gua singa. Tetapi Tuhan menyertai Daniel sehingga singa-singa itu tidak memakannya.

Akhirnya raja Darius pun menyelamatkan Daniel dari gua singa tesebut serta mengakui dan memuliakan Allah Daniel (Daniel 6:1-28).

 

6. Daniel Menjabat Di Istana Hingga Pulangnya Orang Yehuda Dari Babel

Daniel menjabat di istana raja hingga masa awal pemerintahan Koresh, raja Persia (Daniel 1:21; 6:29).

Hal ini berarti bahwa Daniel masih menyaksikan kepulangan pertama orang Yahudi dari Babel ke Yerusalem, pada awal tahun pemerintahan Koresh (Ezra 1:1-11).

Hal ini berarti bahwa setidaknya Daniel berada di pembuangan selama 66 tahun!

Tidak jelas apakah Daniel kemudian ikut kembali pulang ke Yehuda atau ia meninggal di Babel.

Yang jelas ia selama puluhan tahun menjadi seorang penguasa di negeri orang.

Dari seorang pemuda tawanan, Daniel tampil sebagai pejabat tinggi di negeri orang.

Tidak heran, kisah hidup Daniel adalah salah satu dari 10 Kisah Tokoh Alkitab Paling Menginspirasi.

 

7. Daniel Mendapat Banyak Penglihatan Tentang Masa Depan Bangsa Yahudi Dan Tentang Akhir Zaman

Selain sebagai pejabat tinggi negara, Daniel juga dikarunia dengan hikmat sorgawi, penglihatan dan mimpi, sehingga ia layak disebut sebagai nabi, kendati di mana pun di Perjanjian Lama tidak pernah disebut dia sebagai nabi.

Tetapi Tuhan Yesus dengan jelas menyebut Daniel sebagai seorang nabi (Matius 24:15).

Di atas telah disebut bahwa Daniel berhasil menjelaskan dan menafsirkan mimpi Nebukadnezar yang berkaitan dengan masa depan bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa pada umumnya (lihat poin 4 di atas).

Daniel memang banyak “melihat” masa depan bangsanya, bangsa Yahudi, yakni kembalinya mereka dari pembuangan dan berjayanya mereka atas musuh mereka  (Daniel pasal 7-11).

Tetapi yang terpenting adalah bahwa Daniel juga “melihat” akhir zaman, tentang kebangkitan orang mati, penghakiman, hidup kekal dan hukuman kekal (Daniel 12:1-13).

Inilah satu dari sedikit ayat Alkitab di Perjanjian Lama yang secara jelas menulis tentang kebangkitan orang mati, penghakiman, hidup kekal dan hukuman kekal, yang tidak pernah disebut dalam Kitab Taurat Yahudi.

Semua nubuat dan penglihatan Daniel ini menunjukkan bahwa ia adalah seorang nabi besar di Alkitab, satu dari 10 Nabi Terbesar Di Perjanjian Lama.

 

Itulah 7 fakta penting tentang Daniel di Alkitab Perjanjian Lama.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!