7 Fakta Tentang Ananias Dan Safira Di Alkitab

 

5. Ananias tetap tidak mau mengakui perbuatannya ketika ditanya oleh rasul Petrus sehingga ia mati seketika

Tetapi kebohongan Ananias dan Safira diketahui oleh Petrus.

Maka pun Petrus mengkonfirmasi kembali Ananias, apakah benar dengan harga sekian tanah mereka dijual.

Tetapi Ananias bersikeras mengatakan bahwa memang dengan harga sekianlah tanah itu dijual.

Petrus menganggap bahwa Ananias bukan sekedar berdusta kepadanya atau kepada jemaat Tuhan, tetapi berdusta juga kepada Roh Kudus.

Dan akibatnya, seketika itu juga Ananias meninggal di hadapan Petrus!

 

6. Safira juga tetap tidak mau mengakui perbuatannya ketika ditanya oleh rasul Petrus sehingga ia juga mati seketika seperti suaminya

Sekitar tiga jam setelah kematian Ananias, maka istri Ananias, Safira, datang ke perkumpulan jemaat.

Ketika dia masuk, Petrus kembali bertanya harga penjualan tanah mereka, apakah benar seperti yang dikatakan oleh suaminya.

Dan Safira pun menjawab seperti yang dikatakan oleh suaminya.

Akhirnya seketika itu juga Safira meninggal di depan kaki Petrus! (Baca: 10 Tokoh Alkitab yang mati seketika karena dosanya)

 

7. Kematian Ananias dan Safira terjadi karena mereka telah mendustai Roh Kudus, dan sebagai pelajaran bagi orang Kristen selanjutnya

Hukuman Ananias dan Safira yang sangat berat ini, telah menimbulkan banyak pertanyaan. Mengapa hanya karena berdusta soal hasil penjualan tanah harus dihukum mati?

Sebenarnya Ananias dan Safira tidak perlu berdusta mengenai harga tanah mereka yang terjual. Mereka tidak dipaksa untuk menjual tanah mereka dan menyerahkan semua uang penjualannya ke gereja.

Kesalahan mereka adalah karena mereka menahan sebagian hasil tanah tersebut dan seolah-olah telah menyerahkan semuanya.

Sehingga, seperti yang dikatakan oleh rasul Petrus, Ananias dan Safira bukan sekedar berdusta kepada para rasul atau kepada jemaat Tuhan, tetapi telah berdusta kepada Roh Kudus.

Lagipula Petrus sudah memberi Ananias dan Safira kesempatan untuk bertobat/mengakui kesalahan mereka dengan cara mengkonfirmasi lagi jumlah hasil penjualan tanah mereka itu.

Tetapi mereka berdua bersikeras dengan kebohongan mereka. Itulah kesalahan mereka.

Perlu juga diingat bahwa keberadaan gereja mula-mula adalah permulaan zaman gereja sehingga perlu dilakukan hukuman yang keras terhadap dosa sebagai peringatan bagi gereja-gereja Tuhan selanjutnya.

 

Itulah 7 fakta tentang Ananias dan Safira di Alkitab yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!