7 Fakta Tentang Apolos Di Alkitab

 

5. Apolos rela belajar

dari Akwila dan Priskila

Akwila dan Priskila, suami-istri Yahudi yang aktif dalam penginjilan, membawa Apolos ke rumah mereka dan mengajar dia tentang Tuhan Yesus dan kekristenan yang benar.

Dan ini hal yang luar biasa, Apolos cukup rendah hati untuk diajar oleh Priskila dan Akwila.

 

6. Apolos menginjil lebih efektif setelah belajar dari Akwila dan Priskila

Setelah belajar dari Akwila dan Priskila, Apolos pergi ke Akhaya, tepatnya di kota Korintus, dan memberitakan Injil di sana kepada orang-orang Yahudi.

Rupanya cara khotbah dan pengajaran Apolos yang sangat menarik, membuat sekelompok anggota jemaat di gereja Korintus sangat mengidolakannya dan menyebut diri mereka sebagai Golongan Apolos.

 

7. Apolos menjadi pemimpin Kristen terkemuka pada zaman Perjanjian Baru 

Adanya Golongan Apolos di dalam gereja menyebabkan gereja Korintus menjadi terpecah.

Sebab sekelompok anggota jemaat lain juga sangat mengidolakan rasul Paulus dan sebagian lagi mengidolakan rasul Petrus.

Untuk itu Paulus berkata bahwa dia dan Apolos (dan tentu juga Petrus), hanyalah pelayan-pelayan Tuhan.

Dalam suratnya kepada jemaat Korintus kemudian, rasul Paulus mengatakan bahwa ia telah berulang kali mendesak kepada Apolos agar ia datang ke Korintus, namun Apolos tidak bersedia.

Tidak dijelaskan apa alasan Apolos tidak mau datang ke Korintus.

Tetapi ada kemungkinan bahwa Apolos ingin menghindari perpecahan dalam jemaat Korintus. tampaknya ia tidak mau kehadirannya di Korintus membuat sebagian jemaat semakin mengidolakannya dan membandingkannya dengan rasul-rasul lainnya.

Jika hal ini benar, maka Apolos adalah benar-benar orang yang rendah hati, yang tak mau menonjolkan diri.

 

Itulah 7 fakta tentang Apolos menurut Alkitab yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!