5. Simeon dan Lewi, kakak-kakak Dina menipu Sikhem dan kaumnya sehingga mereka dibunuh 

Ketika keluarga Yakub mendengar permintaan keluarga Sikhem yang ingin memperistri Dina, maka anak-anak Yakub, saudara-saudara laki-laki Dina, merancang siasat untuk membunuh keluarga Sikhem, bahkan seluruh penduduk kota mereka.

Sebab saudara-saudara laki-laki Dina sangat  marah dengan perbuatan Sikhem. Terutama Simeon dan Lewi, saudara-saudara kandung Dina.

Mereka bersekongkol untuk membunuh para pria di Sikhem dengan cara licik.

Anak-anak Yakub ini menyuruh penduduk Sikhem untuk menyunatkan diri sehingga mereka bisa menjadi seperti keluarga bagi keluarga Yakub.

Dan hal ini disetujui oleh orang Sikhem. Mereka semua, laki-laki dewasa, disunat.

Tetapi ketika penduduk Sikhem sedang kesakitan karena disunat, maka anak-anak Yakub menyerang dan membunuh mereka semua.

Mereka juga membawa Dina dari rumah Sikhem. Rupanya saat itu Dina sudah berada di rumah Dina. Apakah sejak ia diperkosa atau sejak keluarga Yakub setuju untuk menikahkannya dengan Sikhem, tidak jelas.

Bukan hanya itu. Seluruh kota itu mereka jarah. Ibu-ibu dan anak-anak mereka tawan (Kejadian 34:13-29).

Jelas perbuatan Simeon dan Lewi ini sudah melampaui batas, sebab hanya Sikhem yang salah, tetapi seluruh kota dihancurkan.

 

6. Yakub marah dengan

Simeon dan Lewi, dan mengutuk perbuatan mereka di masa tuanya

Perbuatan Simeon dan Lewi yang membunuh penduduk kota Sikhem membuat Yakub sangat marah, sebab bisa saja bangsa Sikhem datang untuk menyerang dan membunuh keluarga Yakub yang pada masa itu sangat sedikit (Kejadian 34:30-31).

Dan ketika Yakub akan meninggal dan saat dia menyampaikan nubuatnya kepada 12 anak laki-lakinya, maka ia mengutuki perbuatan Simeon dan saudaranya, Lewi (Kejadian 49:5-7).

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

Tidak ada kutuk yang diberikan kepada anak-anak Yakub yang lain, sekalipun mereka semua turut serta dalam membunuh keluarga Sikhem.

Hal ini berarti bahwa Simeon dan Lewilah yang paling berperan dalam pembunuhan itu, atau mungkin karena mereka berdualah yang berinisiatif atas pembunuhan Sikhem sekeluarga secara licik. (Baca: 12 Anak Yakub, Nenek Moyang Bangsa Israel).

 

7. Dina ikut pergi ke Mesir bersama seluruh keluarganya, dan menurut tradisi ia menjadi bagian keluarga 

Simeon, kakaknya

Setelah Dina diambil dari rumah Sikhem, Alkitab tidak memberitahu kita bagaimana kelanjutan hidup Dina, apa yang terjadi dengannya.

Seperti: apakah Dina punya anak dari Sikhem, dan apakah Dina menikah lagi atau tidak.

Tetapi tradisi Yahudi menyebut bahwa Dina punya anak dari Sikhem. Disebut juga bahwa Dina beserta anaknya tinggal bersama kakaknya, Simeon, dan anak Dina dihitung sebagai keturunan Simeon.

Meski demikian, tradisi ini tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Namun yang jelas, menurut Kejadian 46:15, Dina ikut pergi ke Mesir, ketika seluruh keluarga Yakub berangkat ke Mesir, setelah Yusuf, saudara Dina,  menjadi Perdana Menteri di Mesir.

 

Itulah 7 fakta penting tentang Dina di Alkitab Perjanjian Lama.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan