7 Fakta Tentang Herodes Antipas

 

5. Herodes Antipas

 Membunuh

Yohanes Pembaptis

atas desakan istrinya yang jahat

Namun istri Herodes, Herodias, begitu mendendam kepada Yohanes Pembaptis, karena dianggap ikut campur terhadap hubungan mereka.

Dan, kesempatan baik bagi Herodias untuk menuntaskan dendamnya kepada Yohanes Pembaptis akhirnya tiba juga.

Hal ini terjadi pada waktu Herodes merayakan hari ulang tahunnya dengan para pembesarnya.

Ketika itu putri Herodias menari-nari dan menyenangkan hati Herodes beserta tamu-tamunya.

Hal ini membuat Herodes menawarkan sebuah hadiah kepada putri Herodias, apa saja yang diinginkannya maka Herodes bersumpah akan memberikannya, bahkan sekalipun setengah dari kerajaannya!

(mungkin Herodes sedang dalam pengaruh anggur).

Ketika putri Herodias bertanya kepada ibunya (Herodias) apa yang harus dimintanya kepada Herodes, maka Herodias menjawab: kepala Yohanes Pembaptis dalam sebuah talam!

Mendengar hal itu hati Herodes sangat sedih, tetapi karena sumpahnya di hadapan para pembesarnya, akhirnya ia pun mengabulkan permohonan putri tirinya itu.

Herodes memerintahkan seorang pengawalnya untuk memenggal kepala Yohanes Pembaptis di dalam penjara!

Lalu pengawal itu menaruh kepala Yohanes di atas sebuah talam dan memberikannya kepada putri Herodias. Putri Herodias memberikan kepala Yohanes Pembaptis itu kepada ibunya.

Dendam Herodias kepada Yohanes Pembaptis pun akhirnya terbalaskan.(Markus 6:19-28).

Yohanes Pembaptis adalah seorang martir sejati, yang berani menyatakan kebenaran Tuhan sekalipun nyawa yang menjadi  taruhannya.

Herodes dan Herodias adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas kematian Yohanes Pembaptis. (Baca: 10 Tokoh Alkitab Paling Jahat Di Perjanjian Baru)

 

6. Herodes Antipas  berusaha membunuh Tuhan Yesus

Herodes Antipas bukan hanya membunuh Yohanes Pembaptis, yang dianggap pengganggu kenyamanannya, tetapi ia juga berencana untuk membunuh Tuhan Yesus.

Mungkin Herodes merasa terusik atas kehadiran Tuhan Yesus di wilayah kekuasaannya (Galilea).

Ancaman Herodes ini disampaikan oleh para pemimpin Yahudi/orang Farisi kepada Tuhan Yesus.

Dan Tuhan Yesus menjawab mereka bahwa waktuNya hanya tinggal sedikit lagi dalam melayani. Setelah itu Ia akan pergi ke Yerusalem untuk mengorbankan diriNya bagi pengampunan dosa manusia.

Bagi Tuhan Yesus, seorang nabi tidak semestinya jika dibunuh di luar Yerusalem.

Jadi Tuhan Yesus sama sekali tidak takut dengan ancaman Herodes ini. Ia malah menyebut Herodes “si serigala” karena kejahatannya (Lukas 13:31-33).

 

7. Herodes Antipas 

 Mengolok-olok Yesus ketika Dia dikirim Pilatus kepadanya

Ketika Tuhan Yesus ditangkap dan diserahkan oleh orang-orang Yahudi kepada Pilatus, Pilatus mengirimkan Yesus kepada Herodes Antipas.

Lalu Herodes mengolok-olok Yesus karena Dia tidak mau berbicara dengannya, lalu “mengembalikan” Yesus kepada Pilatus (Lukas 23:6-12).

Dengan “mengembalikan” Yesus kepada Pilatus, maka sebenarnya secara tidak langsung Herodes mengatakan bahwa Tuhan Yesus tidak bersalah.

Seandainya Herodes mendapati kesalahan Yesus, terutama kesalahan yang layak diganjar dengan hukuman mati, tentu dia akan sampaikan kepada Pilatus (baca Lukas 23:13-15).

Tetapi kesalahan Herodes adalah bahwa dia, meskipun tidak mendapati kesalahan Yesus, tidak meminta Pilatus agar tidak menghukum Yesus.

Herodes malah mengolok-olok Yesus seolah-olah Yesus adalah seorang penjahat.

Itulah sebabnya Alkitab berkata bahwa Herodes bersama Pilatus bersekongkol dalam membunuh Yesus (Kisah Para Rasul 4:27).

Dengan demikian, Herodes Antipas juga merupakan salah satu dari 5 Tokoh Alkitab Paling Bertanggungjawab atas kematian Yesus

 

Itulah 7 fakta penting tentang Herodes Antipas menurut Alkitab Perjanjian Baru.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!