7 Fakta Tentang Lidia Di Alkitab

 

5. Lidia adalah orang Kristen pertama di benua Eropa

Ketika mendengar pengajaran rasul Paulus di Sinagoge Yahudi di Filipi, Tuhan membuka hati Lidia sehingga ia percaya kepada Tuhan Yesus yang diberitakan rasul Paulus.

Lalu Lidia, dan seisi rumahnya yang juga bertobat, memberi diri dibaptis. Sebagai orang kaya, tentu Lidia punya banyak hamba.

Hal ini membuktikan bahwa keselamatan seseorang adalah inisiatif Tuhan. Tetapi manusia harus memberi respons.

Tentu saja Tuhan membuka hati semua orang agar percaya kepada Injil. Tetapi ironisnya, tidak semua orang yang memberi respons seperti Lidia.

Dengan bertobatnya Lidia menjadi Kristen, maka dia adalah orang pertama yang bertobat/orang Kristen pertama di Makedonia, bahkan di seluruh benua Eropa.

Sebab Makedonia adalah daerah pertama yang diinjili di Eropa.

 

6. Lidia adalah seorang yang murah hati

Lalu, merasa berterima kasih karena telah diselamatkan melalui pelayanan Paulus, maka Lidia mendesak Paulus dan teman-temannya untuk menumpang di rumahnya.

Hal ini menunjukkan betapa Lidia adalah seorang yang ramah dan murah hati, yang ingin menjamu para tamu, khususnya hamba-hamba Tuhan.

 

7. Lidia menjadi orang Kristen yang penting di Filipi

Lidia kemudian menjadi seorang anggota jemaat Kristen yang penting di kota Filipi.

Hal ini nyata dari fakta bahwa rasul Paulus dan Silas kembali ke rumah Lidia setelah mereka memenangkan kepala penjara di Filipi bagi Tuhan Yesus.

Sebelumnya rasul Paulus dan Silas mengalami penganiayaan di Filipi dan dimasukkan ke dalam penjara akibat memberitakan Injil di kota itu.

Tetapi oleh kuasa Tuhan penjara itu digoncang gempa bumi dan semua tahanan kabur. Tetapi rasul Paulus dan Silas tidak ikut kabur, mereka malahan menginjili kepala penjara tersebut yang sebelumnya hendak bunuh diri.

Kembalinya rasul Paulus dan Silas ke rumah Lidia menunjukkan bahwa Lidia pada masa itu dianggap sebagai seorang Kristen yang penting, yang mungkin menjadi semacam pemimpin tidak resmi dari jemaat di Filipi yang waktu itu  masih sedikit.

Selain itu, Paulus dan Silas kembali ke rumah Lidia tentu karena mereka sangat puas dengan keramah tamahan dan kemurahan hati yang telah ditunjukkan Lidia sebelumnya (lihat poin 6 di atas).

 

Itulah 7 fakta tentang Lidia menurut Alkitab yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!