7 Fakta Tentang Malaikat Gabriel

Malaikat adalah makhluk sorgawi, yang tinggal di Sorga bersama Allah (Markus 12:25) serta melayaniNya. Mereka datang ke bumi hanya ketika Tuhan menyuruh.

Malaikat-malaikat diciptakan jauh sebelum penciptaan manusia dan alam semesta. Mereka turut menyaksikan dan bersorak-sorai ketika Tuhan menciptakan alam semesta dan segala isinya, sekalipun mereka tidak terlibat dalam penciptaan tersebut (Ayub 38:4-7).

Baca juga: 10 Fakta Tentang Malaikat Yang Perlu Anda Ketahui

Di Alkitab setidaknya ada empat tugas utama malaikat. Pertama, menyampaikan firman Tuhan kepada manusia di bumi (Lukas 1:11-17). Kedua, memperingatkan manusia atas dosa-dosa mereka dan menghukum mereka atas dosa-dosa tersebut (1 Tawarikh 21:1-30).

Ketiga, menjaga dan melindungi orang percaya dari berbagai malapetaka (Mazmur 91:11-12). Keempat, menolong umat Tuhan dalam situasi yang sulit (Kisah Para Rasul 12:7-10).

Baca juga: 10 Fakta Tentang Iblis Yang Perlu Anda Tahu

Salah satu malaikat Tuhan yang disebut namanya di Alkitab adalah Gabriel.

Artikel kali ini akan membahas tentang malaikat Gabriel.

Di sini akan dicatat 7 fakta penting seputar malaikat Gabriel. Fakta-fakta apa sajakah itu? Berikut pembahasannya.

 

1. Arti Nama Gabriel Adalah Utusan Tuhan

Gabriel adalah salah satu malaikat Tuhan. Dengan jelas disebut di Alkitab bahwa Gabriel adalah seorang malaikat Tuhan (Lukas 1:26). Jadi Gabriel di Alkitab bukanlah nama manusia, tetapi nama salah satu malaikat Tuhan.

Cukup menarik bahwa nama Gabriel punya makna yang sama dengan kata malaikat. Kata Gabriel berasal dari bahasa Ibrani, bahasa asli Perjanjian Lama, Gavri’ el, yang berarti utusan Tuhan atau pahlawan Tuhan.

Sedangkan kata malaikat dalam bahasa Ibrani, disebut mal’akh, yang juga punya arti utusan atau suruhan Tuhan.

Hal ini berarti bahwa makna utama kata “Gabriel” dan “malaikat” adalah suruhan atau utusan Tuhan.

Pemakaian nama Gabriel semakin mempertegas jati diri malaikat Gabriel sebagai utusan Tuhan.

 

2. Gabriel Adalah Salah Satu Malaikat Tuhan Yang Taat

Dari sekian banyak jumlah malaikat yang Tuhan ciptakan, ternyata ada sebagian yang jatuh, yang memberontak kepada Tuhan.

Ayub 4:18 menyinggung tentang malaikat-malaikat yang jatuh ini. Selain itu, 2 Petrus 2:4 dan Yudas 1:6 juga menyebut tentang malaikat-malaikat yang memberontak kepada Tuhan dan ditawan di suatu tempat, yang dalam bahasa Yunani disebut Tartaros. Para malaikat pemberontak tersebut akan berada di sana hingga tiba hari penghakiman bagi mereka.

Tetapi rupanya tidak semua malaikat yang memberontak itu ditawan di Tartaros, sebagian lagi justru dilemparkan ke bumi, itulah Iblis dan setan-setan.

Peristiwa kejatuhan malaikat-malaikat Tuhan tidak dicatat secara eksplisit di dalam Alkitab. Namun Yesaya 14:12-15 dan Yehezkiel 28:12-17, sering dianggap sebagai latar belakang kejatuhan Iblis, dari malaikat Tuhan yang terkemuka menjadi penjahat nomor satu dan sumber segala kejahatan di bumi.

Dari kedua bagian firman Tuhan di atas dapat disimpulkan bahwa Iblis tadinya adalah malaikat Tuhan yang paling cemerlang, tanpa cacat cela secara fisik dan perilaku, lalu ia menyombongkan diri karena hal tersebut dan ingin menyamai Tuhan, hal mana dipandangNya sebagai pemberontakan kepadaNya sehingga melemparkan malaikatNya itu ke bumi.

Jika kita melihat konteks kedua bagian firman Tuhan di atas, ayat-ayat tersebut ditujukan kepada raja-raja dunia, dalam Yesaya 14:12-15 ditujukan kepada raja Babel, sedangkan dalam Yehezkiel 28:12-17 ditujukan kepada raja Tirus.

Namun ayat-ayat tersebut ternyata tidak cocok dikenakan kepada manusia, melainkan kepada kekuatan yang ada di belakang raja-raja dunia tersebut, yakni Iblis.

Jadi ayat-ayat tersebut di atas jelas mengacu kepada kejatuhan malaikat menjadi Iblis, dengan latar belakang raja-raja dunia yang fasik.

Sedangkan kejatuhan malaikat-malaikat lainnya, meskipun tidak dicatat di Alkitab, nyata dari hirearki pemerintahan Iblis. Iblis sebagai kepala dan malaikat-malaikat lainnya, yakni setan-setan atau roh-roh jahat, menjadi bawahan Iblis (Efesus 6:11-12). (Untuk lebih lengkapnya, silakan baca: 10 Fakta Tentang Iblis Yang Perlu Anda Tahu)

Namun tampaknya masih lebih banyak malaikat yang tetap setia kepada Tuhan. Dari antara malaikat-malaikat yang setia ini, salah satunya pastilah Gabriel.

Sebab jika seandainya Gabriel tidak tetap setia kepada Tuhan, tetapi turut serta memberontak kepadaNya, maka tentu ia tidak akan Tuhan pakai lagi sebagai malaikat yang diutusnya kepada umatNya di bumi. Hal ini menunjukkan bahwa Gabriel adalah malaikat yang baik, yang setia dan taat kepadaNya.

 

3. Gabriel Adalah Satu Dari Dua Malaikat Terpenting

Sekalipun jumlah malaikat sangat banyak, namun hanya dua malaikat yang disebut namanya di Alkitab. Kedua malaikat yang disebut namanya tersebut adalah Gabriel dan Mikhael.

Gabriel dikenal sebagai pembawa firman Tuhan kepada manusia. Sementara Mikhael secara khusus dikenal sebagai penghulu malaikat (Yudas 1:9).

Penyebutan nama kedua malaikat ini tentu bukanlah suatu kebetulan, tetapi punya satu makna, yakni bahwa kedua malaikat itulah yang terpenting di antara malaikat-malaikat lainnya. Sebab biasanya nama seseorang yang disebut di Alkitab pastilah punya makna bahwa ia adalah orang yang penting.

Karena itu boleh jadi Gabriel dan Mikhael adalah kepala para malaikat. Mungkin merekalah yang paling sering Tuhan utus kepada manusia. Dan mereka berdualah yang paling Dia percayai dari antara semua malaikatNya yang lain.

Jelas, Gabriel adalah seorang malaikat Tuhan yang terpenting, sehingga namanya disebutkan secara khusus di Alkitab.

 

4. Gabriel Memberi Pengertian Kepada Nabi Daniel

Penampakan pertama Gabriel di Alkitab adalah kepada Nabi Daniel. Gabriel menampakkan diri kepada Daniel sebanyak dua kali. Salah satunya adalah ketika ia memberi pengertian kepada Daniel tentang penglihatan yang dilihatnya di tepi Sungai Ulai, Persia.

Daniel melihat penglihatan tentang domba jantan dan kambing jantan. Ia melihat seekor domba jantan berdiri di depan sungai Ulai. Domba jantan itu memiliki dua tanduk yang tinggi, tetapi satu tanduk, yakni yang tumbuh belakangan, lebih tinggi daripada tanduk yang satu lagi.

Domba jantan tersebut menanduk ke barat, utara, dan selatan, dan tidak ada seekor binatang pun yang tahan menghadapi dia. Dia berbuat sekehendak hatinya dan membesarkan diri.

Kemudian Daniel juga melihat seekor kambing jantan datang dari sebelah barat. Kambing jantan itu punya satu tanduk besar di antara kedua matanya. Lalu ia menyerang domba jantan itu dengan keganasan yang hebat dan mematahkan kedua tanduknya, dan domba jantan itu tidak berkutik menghadapinya.

Kambing jantan itu sangat membesarkan dirinya, tetapi ketika ia sampai pada puncak kuasanya, patahlah tanduk besarnya, lalu pada tempatnya tumbuh empat tanduk yang aneh. Dari salah satu tanduk itu tumbuh tanduk kecil yang menjadi besar, ia membesarkan dirinya kepada Tuhan, tempat kudusNya dirobohkannya dan korban sehari-hari digantinya dengan kebaktian yang fasik.

Ketika Daniel berusaha mengerti arti penglihatan itu maka muncullah malaikat Gabriel untuk memberikan pemahaman kepadanya. Gabriel mengatakan bahwa domba jantan itu melambangkan kerajaan Media-Persia. Sedangkan kambing jantan itu melambangkan kerajaan Yunani, yang mengalahkan kerajaan Media-Persia.

Tanduk yang besar itu adalah raja pertamanya. Bahwa tanduk itu patah dan muncul empat tanduk lain berarti akan ada empat kerajaan muncul dari kerajaan itu. Tanduk kecil yang muncul dari salah satu tanduk itu adalah seorang raja jahat yang akan membinasakan banyak orang, bahkan menentang Tuhan, tetapi ia sendiri akan dihancurkanNya (Daniel 8:15-27).

Penglihatan Daniel ini adalah nubuat yang belum terjadi pada masa itu, tetapi yang telah terjadi sekarang. Dari sejarah kita tahu bahwa raja Yunani pertama itu adalah Aleksander Agung, yang mengalahkan kerajaan Media-Persia. Ketika ia wafat, kerajaannya dibagi empat oleh para jenderalnya.

Dan raja jahat yang muncul dari salah satu pecahan kerajaan Yunani adalah Antiokhus Epifanes, yang membunuh banyak orang Yahudi dan menajiskan Bait Suci mereka pada tahun 167 SM.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca: 5 Kerajaan Dalam Penglihatan Daniel Dan Penjelasannya.

6 komentar untuk “7 Fakta Tentang Malaikat Gabriel”

  1. Puji Tuhan renungan ini sangat memberkati saya dalam memahami peran malaikat yang sangat penting. Bukan hanya sekedar membawa berita kepada Maria Ibu Yesus. Namun ada tugas lain yang malaikat Gabriel lakukan. Tuhan Yesus Memberkati.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!