7 Fakta Tentang Natanael Di Alkitab

 

5. Natanael dijanjikan Tuhan Yesus untuk melihat hal-hal yang besar 

Tuhan Yesus berkata bahwa Natanael akan melihat dan mengalami hal-hal yang lebih besar dari pengetahuanNya akan diri Natanael.

Tuhan Yesus berkata bahwa Natanael akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat akan turun naik kepadaNya (Yohanes 1:50b-51).

Di sini Tuhan Yesus menyebut diriNya sebagai Anak Manusia, suatu gelar yang paling disukaiNya ketika berbicara dengan orang lain, sebagai padanan terhadap gelar Mesias.

Gelar Anak Manusia pertama sekali muncul dalam Kitab Daniel (Baca: 10 Gelar Yesus terpopuler di Alkitab).

Apa maksud Tuhan Yesus bahwa Natanael akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat akan turun naik kepadaNya tidak dijelaskan lebih lanjut.

Tetapi hal ini mirip dengan mimpi Yakub, nenek moyang orang Israel, di Betel, di mana ia melihat ada tangga di bumi yang tingginya sampai ke langit dan malaikat-malaikat turun naik di tangga itu (Kejadian 28:12).

Maksud Tuhan Yesus mungkin adalah bahwa Natanael akan menyaksikanNya sebagai jalan/pengantara manusia di bumi menuju Allah di surga, di mana para malaikat sebagai pelayanNya.

Jadi ini adalah pengalaman yang lebih besar bagi Natanael, yang melihat Kristus sebagai Pengantara manusia dengan Allah (melalui kematian dan kebangkitanNya), melebihi Kristus yang mengetahui diri Natanael.

 

6. Natanael bersama murid-murid lainnya turut menyaksikan penampakan Tuhan Yesus setelah kebangkitanNya

Ketika Tuhan Yesus menampakkan diri kepada tujuh muridNya di pantai Danau Tiberias atau Danau Galilea, Natanael termasuk di dalamnya.

Di antara mereka termasuk juga Petrus, Yakobus, Yohanes, dan Tomas.

Ketika itu mereka sedang menjala ikan di danau tersebut, tetapi tanpa ada hasil. Kemudian Yesus menampakkan diri kepada mereka di tepi pantai danau itu. Akan tetapi, seperti pada penampakan lainnya, mereka tidak segera mengenaliNya.

Mereka baru mengenaliNya tatkala Ia menyuruh mereka menyebarkan jalanya di sebelah kanan perahu dan menangkap sejumlah besar ikan (Yohanes 21:6-7).

Ini persis seperti ketika Petrus pertama kali dipanggil oleh Tuhan Yesus, di mana atas perintahNya Petrus dan teman-temannya berhasil menangkap sejumlah besar ikan (Lukas 5:4-11).

Pada kesempatan ini Tuhan Yesus memulihkan kembali panggilan Petrus dan memberinya tugas untuk menggembalakan domba-dombaNya/gerejaNya (Yohanes 21:15-19).

Hadirnya Natanael pada penampakan Tuhan Yesus ini membuktikan bahwa Natanael adalah seorang murid Tuhan Yesus yang setia, sejak ia pertama kali menjadi muridNya (lihat poin 4 di atas).

Kebersamaan Natanael dengan murid-murid utama Yesus seperti Petrus dan Yakobus mungkin menunjukkan bahwa Natanael adalah salah satu dari 12 Murid Yesus (lihat poin 7 di bawah).

 

7. Natanael kemungkinan besar adalah nama lain dari Bartolomeus 

Meski dalam Injil Yohanes tidak ada dijelaskan apakah Natanael merupakan salah satu dari 12 Murid Tuhan Yesus yang pertama atau tidak, namun banyak orang yang meyakini demikian.

Tentu dengan mengidentifikasikannya dengan salah satu dari 12 Murid Tuhan Yesus yang selama ini telah dikenal luas.

Dan Natanael telah sejak lama diidentifikasikan sebagai Bartolomeus.

Bartolomeus disebutkan hanya di dalam daftar para rasul di kitab-kitab Injil sinoptik (Matius, Markus, Lukas), sementara Natanael hanya disebutkan dalam Injil Yohanes.

Banyak pakar Alkitab meyakini bahwa Bartolomeus di dalam Injil Sinoptik sama dengan Natanael di dalam Injil Yohanes, dengan menganggap bahwa Bartolomeus sebagai nama keluarga Natanael.

Sebab dalam bahasa Aram, Bar artinya adalah “anak lelaki”. Karena itu, Bartolomeus secara harfiah berarti, “anak Talmai”. Jadi ini sepertinya bukan nama diri, tapi nama keluarga.

Lagipula dalam daftar para murid di Injil Sinoptik, nama Bartolomeus selalu dekat dengan Filipus, sementara Natanael adalah teman Filipus, yang dia bawa kepada Tuhan Yesus (Baca: 12 Murid Yesus Dan Akhir Hidup Mereka)

 

Itulah 7 fakta tentang Natanael di Alkitab yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!