7 Fakta Tentang Onesimus Di Alkitab

 

5. Rasul Pulus meminta Filemon untuk mengampuni dan menerima kembali Onesimus, atau mengizinkannya melayani Paulus 

Kisah hidup Onesimus sebagian besarnya kita ketahui dari Kitab Filemon atau Surat Filemon,  (salah satu kitab paling pendek di Alkitab, hanya terdiri dari satu pasal).

Kitab Filemon adalah sebuah surat yang dituliskan oleh rasul Paulus kepada Filemon, tuan Onesimus.

Latar belakang Surat Filemon atau Kitab Filemon adalah Onesimus.

Dari Kitab Filemon ini dapat kita ketahui bahwa Onesimus adalah mantan budak Filemon yang kemudian melarikan diri dengan mencuri uang Filemon.

Dalam pelariannya, Onesimus bertemu dengan rasul Paulus lalu bertobat menjadi Kristen serta melayani Paulus.

Lalu rasul Paulus menulis surat kepada Filemon agar ia mengampuni Onesimus dan menerimanya kembali, bukan sekedar budak, tapi sebagai saudara seiman.

Atau, Filemon dapat juga memberikan Onesimus kepada Paulus untuk menjadi pelayannya.

Paulus berkata, jika Onesimus telah merugikan Filemon, maka Paulus menjamin akan menggantinya, sekalipun Filemon berhutang pada Paulus, yakni diri Filemon sendiri.

(Filemon bertobat dan mengenal Tuhan karena rasul Paulus).

Itulah isi surat rasul Paulus kepada Filemon, yang dikenal sebagai Surat Filemon atau Kitab Filemon, yang menjadi bagian dari Kitab Suci Kristen atau Alkitab.

 

6. Rasul Paulus memuji Onesimus sebagai orang yang berguna dan setia

Setelah Onesimus bertobat, ia menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Dalam hal ini adalah bagi rasul Paulus.

Sebab ternyata Onesimus menjadi pelayan rasul Paulus di penjara. Onesimus selalu menemani Paulus dan membantunya dalam segala keperluannya (Filemon 1:11).

Ini adalah hal yang luar biasa. Jika sebelumnya Onesimus mencuri uang atau barang-barang milik tuannya, kini ia melayani rasul Paulus dengan tulus.

Dengan demikian, setelah bertobat, Onesimus telah benar-benar hidup sesuai dengan arti namanya, yakni “berguna”.

Rasul Paulus juga menyebut Onesimus sebagai saudara yang setia dan kekasih, ketika Paulus mengutusnya ke jemaat Kolose bersama Tikhikus (Kolose 4:9).

 

7. Menurut tradisi, Onesimus menjadi uskup di Efesus dan mati martir pada masa kaisar Trajan

Bukan hanya melayani Paulus, Onesimus  ternyata melayani Tuhan juga. Artinya bahwa ia juga turut memberitakan Injil Tuhan Yesus.

Bahkan tradisi gereja menyebut bahwa  Onesimus kemudian menjadi pemimpin gereja Tuhan, yakni uskup gereja di kota Efesus.

Tradisi gereja juga menyebut bahwa Onesimus mengalami penganiayaan dan mati martir pada masa Kaisar Domitian dan Trajan (abad 1 Masehi).

Dari seorang budak yang hina, Onesimus telah berubah menjadi seorang pemimpin gereja yang dihormati.

 

Itulah 7 fakta tentang Onesimus di Alkitab dan dalam tradisi gereja yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!