Loading...
Loading...

7 Fakta Tentang Orang Majus Yang Perlu Anda Tahu

 

3. Orang-Orang Majus Datang Ke Israel Karena Tuntunan Ilahi

Bagaimana dapat orang majus datang dari negeri mereka di Timur ke Israel? Ternyata secara ajaib, melalui sebuah bintang (Matius 2:2).

Mengapa melalui bintang? Karena orang-orang majus ini sangat mungkin adalah para ahli perbintangan/astronom. Jadi Tuhan memakai keahlian/profesi mereka sebagai sarana untuk mengkomunikasikan diriNya kepada mereka, sehingga mereka lebih mudah memahami maksudNya.

Kita tidak tahu pasti bintang apa yang dipakai Tuhan sebagai sarana dalam menuntun orang-orang majus ke Israel. Sebagian orang menafsirkannya bintang berekor atau komet. Sebagian lagi menafsirkannya meteor. Yang jelas, bintang itu menuntun mereka dari Timur ke Israel, dan mereka taat pada tuntunanNya.

Tetapi, bagaimana sebuah bintang bisa langsung membuat orang-orang majus pergi dari Timur ke Israel? Bagaimana mungkin mereka begitu yakin bahwa bintang itu adalah tanda lahirnya seorang raja dan bahwa bintang tersebut akan menuntun mereka tiba dan bertemu raja yang baru lahir itu?

Kita harus mengerti bahwa orang-orang majus bukanlah begitu saja meyakini kelahiran seorang raja hanya dari sebuah bintang. Mereka ini pasti sudah pernah mendengar tentang pengharapan orang-orang Yahudi akan munculnya seorang Tokoh besar, yang menjadi raja mereka. Inilah yang disebut Mesias. (Baca: 10 Fakta Tentang Mesias Yang Perlu Anda Tahu)

Orang-orang Yahudi sudah sejak lama hidup dalam diaspora/perserakan, termasuk di negeri Timur atau Persia. Jadi pastilah orang-orang majus ini sudah punya kontak dengan orang-orang Yahudi tersebut.

Dengan demikian orang-orang majus adalah mereka yang sudah punya pengetahuan tentang konsep Mesias Yahudi. Itulah sebabnya mereka bisa langsung percaya dengan bintang yang menuntun mereka.

Dan mereka datang ke Israel untuk menyembah Raja tersebut. Meskipun mereka menyebut raja yang baru lahir itu sebagai “raja orang Yahudi”, namun mereka tahu bahwa raja itu juga lahir bagi mereka. Mereka pasti meyakini bahwa Yesus adalah raja bagi semua orang (lihat poin 6 di bawah).

Kisah perjalanan orang-orang yang dipimpin oleh petunjuk Tuhan secara ajaib bukanlah hal yang asing di Alkitab. Kita mengenal kisah perjalanan bangsa Israel di padang gurun yang  dipimpin oleh Tuhan lewat tiang awan dan tiang api.

 

4. Orang-Orang Majus Menyebabkan Raja Herodes Takut Dan Ingin Membunuh Yesus

Ketika orang-orang majus tiba di kota Yerusalem, ibu kota Israel, mereka bertanya-tanya kepada orang-orang di situ di manakah raja orang Yahudi yang baru lahir itu, sebab mereka telah melihat bintangNya. Dan mereka ingin menyembahNya.

Hal ini menyebabkan raja Herodes dan orang-orangnya terkejut. Rupanya Herodes dan orang-orang lain di kota Yerusalem belum mendengar kabar tentang kelahiran Yesus. Karena memang kelahiran Yesus tidak beritakan kepada mereka, tetapi kepada para gembala domba di padang Efrata dan kepada orang-orang majus ini.

Herodes terkejut karena ia tidak menyangka bahwa raja Yahudi atau Mesias yang telah dinanti-nantikan oleh bangsa Yahudi, telah lahir. Ia bertanya kepada para Ahli Taurat Yahudi di mana Mesias akan lahir, dan mereka menjawab di Betlehem, sesuai dengan nubuat nabi Mikha.

Dan Herodes menjadi takut, sebab mungkin ia berpikir bahwa Yesus kelak akan menggulingkan kekuasaannya, dan bahwa rakyatnya akan meninggalkannya dan berbalik kepada Yesus.

Karena itu Herodes ingin membunuh Yesus. Ia bertanya kepada para majus, bilamana bintang itu nampak. Herodes ingin memperkirakan umur Yesus supaya ia tidak salah ketika mau membunuhNya.

Lalu Herodes meminta para majus menyelidiki Yesus dan melaporkannya kepadanya agar ia pun turut menyembah Yesus. Tentu ini hanyalah taktik Herodes untuk membunuh Yesus (Matius 2:3-8). (Baca: 10 Pemeran Utama Dalam Peristiwa Natal Di Alkitab)

 

5. Orang-Orang Majus Bersukacita Ketika Tiba Di Betlehem

Setelah para majus tahu bahwa Yesus dilahirkan di Betlehem, maka mereka datang ke sana. Dan bintang yang menuntun mereka dari negeri mereka ke Yerusalem muncul lagi dan berhenti tepat di atas rumah Yesus. Ketika mereka melihat bintang itu maka para majus tersebut pun sangat bersukacita (Matius 2:9-10).

Orang-orang majus bersukacita karena mereka sudah sampai pada tujuan mereka. Keinginan orang-orang majus untuk menemui Yesus dan menyembahNya, segera akan terkabulkan. Mereka akan bertemu dengan Raja di atas segala raja.

Apalagi mereka melakukan perjalanan dari negeri mereka di Persia ke Betlehem, Israel, tidaklah mudah. Perjalanan yang mereka tempuh adalah perjalanan yang berat. Mereka harus menempuh jarak ribuan kilometer, melewati padang gurun yang tandus, serta bahaya perampokan di jalan.

Tetapi kini segala jerih lelah mereka untuk bertemu Mesias terbayarkan lunas. Itulah sebabnya ketika mereka berhasil tiba di rumah Yesus, mereka sangat bersukacita.

Loading...
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!