5. Karena tindakannya menyembunyikan para pengintai Israel, Rahab tercatat dalam daftar para Pahlawan Iman di PB.

Tindakan Rahab yang menyembunyikan dua orang pengintai di rumahnya dianggap sebagai tindakan iman yang besar sehingga Rahab dipuji karena imannya itu (Yakobus 2:25).

Selain itu, Rahab juga dianggap sebagai pahlawan iman.

Nama Rahab termasuk ke dalam deretan para pahlawan iman di Alkitab, setara dengan bapa-bapa leluhur Israel: Abraham, Ishak, dan Yakub (Baca: 12 Pahlawan Iman Dalam Ibrani 11).

 

6. Rahab kemudian menjadi istri Salmon dan nenek moyang raja-raja Yehuda 

Ketika kota Yerikho jatuh ke tangan bangsa Israel, maka seluruh kota itu mereka tumpas, seperti yang diperintahkan oleh Tuhan.

Sebab memang kota Yerikho, seperti halnya kota-kota Kanaan lainnya, adalah jahat.

Tetapi Rahab dan keluarganya diselamatkan oleh orang Israel, seperti janji kedua pengintai tersebut (lihat poin 4 di atas).

Rahab dan keluarganya tinggal di antara orang Israel (Yosua 6:22-25).

Rahab kemudian menikah dengan Salmon (Matius 1:5), salah satu laki-laki Israel dari suku Yehuda, sehingga ia menjadi bagian dari bangsa Israel.

Advertisements
Ad 16
Advertisements Text

Salmon dan Rahab adalah nenek moyang raja Daud, raja terbesar Israel.

Rahab juga menurunkan raja-raja Israel/Yehuda atau menjadi nenek moyang raja-raja Israel/Yehuda, keturunan Daud (Baca: 10 Raja Israel Terbesar Di Alkitab)

 

7. Rahab menjadi Nenek Moyang Tuhan Yesus dan namanya terdaftar dalam silsilahNya

Selain menjadi nenek moyang raja Daud dan raja-raja Israel/Yehuda, Rahab juga menjadi nenek moyang Sang Mesias, Juruselamat  (Tuhan Yesus secara manusia).

Itulah sebabnya nama Rahab diabadikan dalam silsilah Tuhan Yesus (Matius 1:5). (Baca: 4 Perempuan Dalam Silsilah Tuhan Yesus)

 

Itulah 7 fakta penting tentang Rahab di Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan