Loading...
Loading...

7 Fakta Tentang Raja Yosafat

 

3. Yosafat Adalah Seorang Raja Yang Sangat Kaya

Karena kesalehannya, maka Raja Yosafat diberkati Tuhan dengan luar biasa. Tuhan mengokohkan kerajaannya. Ketakutan yang dari Tuhan menimpa seluruh kerajaan di sekeliling Yehuda, sehingga mereka tidak berani berperang melawan Yosafat. Dan makin lama Yosafat makin kuat.

Tuhan juga memberkati Raja Yosafat dengan berkat-berkat materi. Sebab dari antara orang-orang Filistin ada yang membawa persembahan dan perak sebagai upeti kepada Yosafat. Demikian juga orang-orang Arab, mereka membawa kambing dan domba dalam jumlah yang sangat besar kepada Raja Yosafat.

Bahkan seluruh rakyat Yehuda membawa persembahan kepada Raja Yosafat sehingga ia menjadi kaya dan sangat terhormat (2 Tawarikh 17:3-6, 10-11). Baca juga: 10 Tokoh Alkitab Paling Kaya.

 

4. Yosafat Sangat Memperhatikan Kerohanian Rakyat Yang Dipimpinnya

Raja Yosafat mengangkat para pengajar untuk mengajarkan firman Tuhan di seluruh wilayah Yehuda. Ia tidak hanya menyerahkan tugas pengajaran ini kepada orang-orang Lewi atau imam-imam saja, sebab ia sadar bahwa jumlah orang Lewi sangatlah terbatas, sedangkan jumlah rakyat Yehuda sangat banyak. Jadi Raja Yosafat juga mengangkat para pengajar di luar orang Lewi.

Bangsa Yehuda adalah orang-orang yang dipilih Tuhan untuk menjadi umat yang beribadah kepadaNya dan menjadi berkat bagi orang lain. Setelah kerajaan Israel terpecah menjadi dua, maka Israel di utara telah jatuh dalam dosa penyembahan berhala yang sangat dibenci Tuhan.

Kini Tuhan berharap agar orang Yehuda, sebagai keturunan Daud yang takut akan Tuhan, dapat meneruskan kehidupan yang beribadah kepadaNya. Karena itulah Yosafat merasa penting untuk mengajarkan firman Tuhan tersebut kepada umat Yehuda.

Raja Yosafat tidak hanya mempraktekkan firman Tuhan itu dalam hidupnya sendiri, namun sebagai pemimpin, ia juga merasa bertanggung jawab untuk mengajarkannya kepada rakyatnya melalui para pengajar yang diangkatnya (2 Tawarikh 17:7-9).

Bukan hanya mengangkat para pengajar firman Tuhan, Yosafat sendiri bahkan berkeliling untuk menyerukan kepada orang Yehuda agar mereka berbalik kepada Tuhan! (2 Tawarikh 19:4). Yosafat sangat peduli dengan kehidupan kerohanian rakyat yang dipimpinnya.

 

5. Raja Yosafat Juga Seorang Yang Ahli Dalam Penataan Birokrasi Pemerintahan

Salah satu terobosan yang dilakukan Raja Yosafat semasa pemerintahannya adalah menata sistem pengadilan di Yehuda, yang sebelumnya tidak pernah terjadi di seluruh Israel dan Yehuda.

Dengan reformasi tersebut, pengadilan yang selama ini hanya terpusat di Yerusalem, sekarang ada di tiap wilayah atau kota di seluruh Yehuda. Sedangkan Yerusalem menjadi semacam pengadilan tingkat banding.

Untuk itu Raja Yosafat mengangkat hakim-hakim di setiap kota Yehuda dan di Yerusalem, serta berpesan agar mereka mengadili umat Yehuda secara jujur dan adil. Merekalah yang mewakili Yosafat dalam menghakimi umat Yehuda.

Loading...

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!