7 Fakta Tentang Sifra Dan Pua Di Alkitab

 

5. Ketika ditanya Firaun mengapa mereka tidak membunuh bayi-bayi orang Israel, Sifra dan Pua mengatakan bahwa perempuan Israel kuat-kuat

Ketika Firaun memanggil Sifra dan Pua serta mempertanyakan tindakan mereka tersebut, maka Sifra dan Pua berkata bahwa perempuan-perempuan Israel/Ibrani sangat kuat, tidak seperti perempuan-perempuan Mesir; sebelum bidan-bidan datang mereka sudah bersalin/melahirkan.

Apa yang dikatakan oleh Sifra dan Pua ini bukanlah kebohongan. Sebab demikianlah faktanya.

Hanya saja, mereka pun memang tidak mau menaati perintah raja Firaun untuk membunuh bayi-bayi Israel.

Jadi ada dua fakta/kebenaran di sini, perempuan-perempuan Israel/Ibrani sangat kuat, dan Sifra dan Pua tidak mau membunuh bayi-bayi mereka.

Tetapi Sifra dan Pua hanya mengemukakan fakta yang pertama.

Menurut tradisi Yahudi, para perempuan Israel yang tinggal di Mesir ini berdoa kepada Allah setiap mereka mau melahirkan, sehingga mereka melahirkan dengan selamat tanpa bantuan para bidan.

 

6. Atas perbuatannya, Sifra dan Pua diberkati Tuhan dengan membuat mereka berumah tangga

Karena tidak mau melakukan perintah raja Firaun untuk membunuh bayi-bayi Israel, maka Tuhan berbuat baik kepada Sifra dan Pua.

Tuhan memberkati Sifra dan Pua serta membuat mereka berumah tangga.

Artinya, karena Sifra dan Pua membangun rumah tangga orang lain dengan tidak membunuh bayi-bayi mereka, maka Tuhan pun membangun rumah tangga Sifra dan Pua, membuat mereka menikah dan melahirkan bayi-bayi.

Menurut beberapa penafsir Alkitab, Sifra dan Pua menikah dengan pria-pria Israel sehingga mereka dan keturunannya menjadi bagian dari bangsa Israel, umat pilihan Tuhan.

 

7. Setelah Sifra dan Pua menolak untuk 

membunuh bayi-bayi Israel, maka Firaun memerintahkan seluruh rakyatnya untuk membuang bayi-bayi Israel ke sungai Nil

Ketika Sifra dan Pua menolak membunuh bayi-bayi Israel, maka jumlah orang Israel semakin bertambah terus.

Hal ini membuat raja Firaun semakin khawatir.

Karena itu ia memerintahkan kepada seluruh rakyat Mesir untuk melemparkan seluruh bayi-bayi laki-laki Israel ke sungai Nil.

Bukan hanya bidan lagi, Sifra dan Pua, kini raja Firaun yang panik dan takut akan perkembangan jumlah orang Israel, memerintahkan rakyat Mesir untuk membunuh bayi-bayi Israel.

Alkitab tidak mencatat bahwa rakyat Mesir menaati perintah Firaun ini, tetapi secara tersirat demikian.

Tetapi justru pada masa itulah Tuhan mulai mewujudkan rencanaNya untuk keselamatan umatNya.

Sebab pada masa itu lahir lah Musa, yang tidak ikut dibunuh oleh orang Mesir, yang kelak membawa orang Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian (Baca: 7 Fakta penting tentang Musa di Alkitab).

 

Itulah 7 fakta tentang Sifra dan Pua di Alkitab yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!