7 Fakta Tentang Titus Di Alkitab

 

5. Titus kemudian pergi memberitakan Injil ke Dalmatia 

Setelah selesai melayani di pulau Kreta, rasul Paulus memanggil Titus untuk bergabung lagi dengannya di Nikopolis, dan tugasnya di pulau Kreta digantikan orang lain (Titus 3:12).

Tetapi rupanya Paulus kemudian mengutus Titus memberitakan Injil ke Dalmatia (2 Timotius 4:10) atau Ilirikum, yang sekarang adalah bagian dari negara Yugoslavia sebelum pecah.

Dalmatia adalah jarak yang sangat jauh dari Yerusalem.

 

 

6. Menurut tradisi gereja, Titus kembali lagi ke pulau Kreta dan menjadi pemimpin gereja-gereja di situ

Setelah pelayanannya ke Dalmatia, Alkitab tidak mencatat lagi tentang pelayanan Titus.

Tetapi tradisi gereja yang kebenarannya dapat diterima, mengatakan bahwa Titus kembali lagi ke pulau Kreta dan melayani di situ sebagai pemimpin gereja-gereja di Kreta (uskup gereja Kreta).

Dan menurut tradisi, Titus meninggal di kota Gortina, di pulau Kreta, yang termasuk wilayah Yunani, pada usia 96 tahun.

 

7. Surat rasul Paulus kepada Titus menjadi bagian dari Kitab Suci

Salah satu kitab dalam Perjanjian Baru, disebut dengan nama Titus, yakni Kitab Titus.

Kitab Titus atau Surat Titus, adalah surat rasul Paulus kepada Titus, anak rohaninya yang sedang menggembalakan jemaat di pulau Kreta.

Surat Titus berisi arahan Paulus kepada Titus untuk membimbing dan melayani jemaat di pulau Kreta, termasuk mengangkat para penatua jemaat dengan syarat-syarat tertentu, mengatasi para bidat/ajaran sesat di jemaat Kreta, dan mengarahkan jemaat cara hidup Kristen yang sesuai firman Tuhan.

Dengan adanya Kitab Titus dalam Alkitab Kristen tentu akan membuat nama Titus selalu dikenang.

Ini jelas adalah suatu penghargaan yang tak ternilai bagi Titus.

 

Itulah 7 fakta tentang Titus di Alkitab dan dalam tradisi gereja yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!