7 Fakta Tentang Yakub Di Alkitab

5. Yakub Harus Melarikan Diri Dari Amarah Esau Selama 20 Tahun

Ishak dan Ribka memperlakukan kedua anak mereka secara berbeda. Isha

Sekalipun dengan cara menipu Ishak tatkala Ishak sudah tua dan matanya rabun, akhirnya Yakub diberkati Ishak juga sebagai anak sulung (karena mengira Yakub adalah Esau).

Dan Yakub berhak mewarisi janji-janji Tuhan kepada Abraham, seperti yang telah difirmankan Tuhan sebelum kelahiran Esau dan Yakub.

Kendati demikian, semua anggota keluarga Ishak harus menerima akibat buruk dari cara Ishak dan Ribka memperlakukan Esau dan Yakub.

Sebab Ishak kemudian sadar bahwa yang dia berkati adalah Yakub, bukan Esau. Ishak telah ditipu oleh istri dan anaknya.

Ishak merasa dikhianati oleh istri dan putra bungsunya.

Esau, karena merasa sebagai anak sulung lebih berhak untuk diberkati oleh Ishak, menjadi benci kepada Yakub dan ingin membunuhnya.

Karena itu Ribka terpaksa menyuruh Yakub melarikan diri dari Esau ke rumah saudaranya, Laban. (Baca: 10 Tokoh Alkitab Yang Terpaksa Mengungsi Ke Negeri Orang)

Yakub sendiri kelak akan mengalami banyak kesusahan dalam perjalanan hidupnya, bahkan akan ditipu oleh mertuanya sendiri.

Dan Ribka sendiri tidak akan melihat lagi anak kesayangannya itu. Ketika Yakub kembali dari pelariannya 20 tahun kemudian, Ribka telah tiada! (Kejadian 49:31).

 

6. Yakub Memperanakkan 12 Anak Laki-laki Yang Menjadi Nenek Moyang Bangsa  Israel

Setelah 20 tahun di rumah Laban, mertuanya, Yakub kembali ke rumah ayahnya, Ishak.

Yakub membawa dua istri, dua gundik, dan banyak anak, yang akan mewarisi janji-janji Tuhan kepada Abraham, Ishak, dan Yakub.

Dan ketika Ishak meninggal, Yakub dan Esau datang untuk menguburkan Ishak, ayah mereka (Kejadian 35:27-29).

Saat itu Yakub dan Esau sudah berbaikan.

Sebagai orang pilihan Tuhan, seperti halnya Abraham dan Ishak, Tuhan mengikat perjanjianNya dengan Yakub, sebagaimana yang Ia buat dengan Abraham, kakeknya, dan Ishak, ayahnya.

Tuhan kemudian mengganti nama Yakub menjadi Israel. Yakub artinya adalah “penipu”. Sedangkan Israel artinya adalah “bergulat dengan Allah”.

Hal ini terjadi setelah Yakub bergulat dengan malaikat Allah (Kejadian 32:8; 35:10).

Yakub memperanakkan 12 anak laki-laki dari dua istri, yakni Lea dan Rahel, anak-anak Laban; serta dari dua gundik, yakni Bilha dan Zilpa.

Selain itu Yakub juga mempunyai 1 anak perempuan dari Lea yang bernama Dina.

Kedua belas anak laki-laki Yakub inilah yang menjadi nenek moyang dari kedua belas suku Israel. (Baca: 12 Anak Yakub, Nenek Moyang Bangsa Israe)

Keturunan merekalah yang disebut sebagai bangsa Israel.

Dan seperti kita tahu, bangsa Israel adalah umat pilihan Tuhan, berdasarkan perjanjianNya kepada Abraham, Ishak, dan Yakub, nenek moyang mereka.

 

7. Yakub Pergi Ke Mesir Ketika Anaknya Yusuf Menjadi Penguasa Di Mesir, Dan Yakub Mati Di Mesir

Yakub dan kedua belas anaknya, serta cucu-cucunya, pergi mengungsi ke Mesir.

Sebab ada kelaparan hebat di Tanah Kanaan, yakni Tanah Perjanjian (Kejadian 46).

Selain itu, Yusuf, anak kesayangan Yakub yang dijual saudara-saudaranya, telah menjadi penguasa di Mesir.

Dan di Mesir Yakub meninggal.

Di Mesir keturunan Yakub (Israel) beranak cucu, menjadi sebuah bangsa yang besar, yakni bangsa Israel. Bangsa Israel ini tinggal di Mesir selama 400 tahun.

Semua anak-anak Yakub meninggal di Mesir, bersama ayah mereka, Yakub.

Anak cucu merekalah yang keluar dari Mesir menuju Tanah Perjanjian, ketika Tuhan membebaskan umatNya dari perbudakan Mesir dan menghukum bangsa Mesir dengan berbagai tulah. (Baca: 10 Tulah Allah Di Mesir Dan Penjelasannya)

 

Itulah 7 fakta tentang Yakub di Alkitab yang perlu kita tahu.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!