7 Fakta Tentang Yerobeam Di Alkitab

 

5. Yerobeam sangat jahat selama masa pemerintahannya, ia mendirikan penyembahan berhala sehingga ia menyebabkan bangsa Israel berdosa kepada Tuhan 

Kesempatan emas yang diberikan Tuhan untuk memerintah bangsa Israel Utara, ternyata disia-siakan oleh Yerobeam. Sebab ternyata ia kemudian sangat jahat di mata Tuhan.

Tuhan berharap Yerobeam tidak mengikuti dosa Salomo, yang menjauh dari Tuhan dan menyembah dewa baal, tetapi ternyata Yerobeam justru lebih jahat dari Salomo (Baca: 5 Raja Israel Paling Jahat Di Alkitab)

Kejahatan utama Yerobeam adalah membuat “bait suci” tandingan di Israel Utara (di dua tempat, Dan dan Betel) serta menempatkan patung lembu di dalamnya dan beribadah kepadanya, bahkan ia sendiri naik mezbah membakar korban.

Hal ini membuat seluruh Israel Utara jatuh ke penyembahan berhala, sebab mereka juga turut beribadah kepada patung lembu itu.

Bukan hanya itu, Yerobeam juga mendirikan kuil-kuil di bukit pengorbanan dan mengangkat siapa saja menjadi imam, bukan suku Lewi seperti perintah Tuhan.

Yerobeam juga menciptakan satu “hari raya tandingan” di Israel Utara, yakni Hari Raya Pondok Daun, yang biasanya dirayakan orang Israel setiap bulan ketujuh, tetapi dia ubah perayaannya menjadi bulan kedelapan.

Semua ini dilakukan oleh Yerobeam karena ia takut bahwa orang Israel akan beribadah ke Yerusalem lalu berbalik ke raja Rehabeam dan meninggalkannya (1 Raja-raja 12:25-33).

Ketika Tuhan mengutus nabiNya kepada Yerobeam untuk menegur dosanya melalui suatu mujizat, ia menolaknya bahkan berusaha membunuhnya (1 Raja-raja 13-1:34).

(Baca: 5 Raja Israel Paling Jahat Di Alkitab)

 

6. Tuhan sangat murka kepada Yerobeam karena dosa-dosanya dan Nabi Ahia menubuatkan hukumannya yang sangat berat

Alkisah, anak Yerobeam yang bernama Abia jatuh sakit.

Maka Yerobeam menyuruh istrinya untuk pergi kepada nabi Ahia, nabi yang menubuatkan Yerobeam menjadi raja atas 10 suku Israel (lihat poin 2 di atas).

Yerobeam ingin meminta petunjuk Tuhan lewat nabi Ahia apa yang akan terjadi dengan anaknya.

Tetapi Yerobeam meminta istrinya menyamar agar tidak dikenali oleh nabi Ahia, sebab mungkin kejahatan Yerobeam akan membuat sang nabi tidak bersedia meminta petunjuk Tuhan baginya.

Tetapi sebelum istri Yerobeam tiba, Tuhan telah berbicara kepada nabi Ahia tentang kedatangan istri Yerobeam dan apa yang akan disampaikannya.

Maka ketika istri Yerobeam tiba, nabi Ahia secara keras menyampaikan hukuman Tuhan atas dosa-dosa keluarganya, kepunahan keluarga Yerobeam termasuk kematian anaknya.

Bahkan juga hukuman pembuangan yang akan dialami oleh bangsa Israel karena mengikuti dosa-dosa Yerobeam (1 Raj 14:1-18).

 

7. Yerobeam mati setelah memerintah selama 22 tahun  dan kerajaannya hanya mampu  bertahan sampai pemerintahan anaknya, Nadab

Yerobeam memerintah sebagai raja Israel utara selama 22 tahun lalu ia mati.

Ia digantikan oleh anaknya, Nadab, menjadi raja Israel utara yang kedua (1 Raj 14:19-20).

Tetapi anak Yerobeam ini juga sangat jahat seperti ayahnya, dan Nadab hanya memerintah selama 2 tahun karena ia dibunuh oleh Baesa, yang kemudian menjadi raja menggantikan dia.

Bahkan Baesa memunahkan seluruh keluarga Yerobeam seperti yang dinubuatkan oleh nabi Ahia. (1 Raj 15:25-32).

 

Itulah 7 fakta tentang raja Yerobeam di Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!