7 Fakta Tentang Yohanes Pembaptis Di Alkitab

 

5. Yohanes Pembaptis Berkhotbah Secara Tegas Dan Tanpa Kompromi

Yohanes Pembaptis mengumandangkan suara kenabian tanpa kompromi.

Ia menuntut adanya pertobatan yang menghasilkan perubahan hidup yang radikal bagi orang-orang Israel, bukan hanya sekedar kebanggaan karena keturunan Abraham.

Yohanes Pembaptis menegaskan kepada orang Israel, umat pilihan Tuhan yang bangga sebagai keturunan Abraham, bahwa jika mereka tidak bertobat, mereka pun tidak akan luput dari hukumanNya.

Sebab Tuhan dapat menjadikan keturunan Abraham dari batu. Jadi keturunan Abraham tanpa pertobatan tidak ada artinya (Lukas 3:7-14).

 

6. Yohanes Pembaptis Pernah Meragukan  Tuhan Yesus Tetapi Dipuji Yesus Sebagai Tokoh Besar Dan Lebih Dari Seorang Nabi

Tuhan Yesus memuji Yohanes Pembaptis sebagai seorang tokoh besar, lebih dari seorang nabi.

Tuhan Yesus bahkan berkata bahwa setiap orang yang dilahirkan oleh perempuan tidak ada yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis.

Sekalipun setiap orang yang masuk Kerajaan Allah, yang percaya Tuhan Yesus, lebih besar dari Yohanes Pembaptis.

Sebab Yohanes Pembaptis tidak mengalami karya keselamatan Tuhan Yesus di kayu salib, ia telah mati sebelum Yesus disalibkan.

Bagaimanapun, pujian Tuhan Yesus ini menunjukkan kebesaran Yohanes Pembaptis dan pentingnya pelayanannya dalam mempersiapkan jalan bagi Sang Mesias.

Menarik, pujian Tuhan Yesus ini Dia sampaikan di hadapan orang banyak setelah Yohanes Pembaptis mengutus murid-muridnya untuk bertanya kepada Tuhan Yesus apakah Dia Mesias atau tidak (Matius 11:2-19).

Dengan mengutus murid-muridnya untuk bertanya kepada Tuhan Yesus apakah Dia Mesias atau tidak, maka terlihat bahwa Yohanes Pembaptis agak meragukan bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias.

Ini sangat ironis, sebab pada masa awal pelayanannya Yohanes Pembaptis dengan tegas menunjuk kepada Tuhan Yesus sebagai Mesias, ia sangat yakin bahwa Yesuslah Mesias itu, yang untuknya dia diutus (Yohanes 1:29-34).

Kendati demikian, Tuhan Yesus tidak mencela keraguan Yohanes Pembaptis, malahan memujinya sebagai orang yang luar biasa!

 

7. Yohanes Pembaptis Mati Martir Di Tangan Istri Raja Herodes

Yohanes Pembaptis dengan tegas menegur raja Herodes Antipas yang mengambil Herodias menjadi istrinya. Sebab saat itu Herodias adalah istri Filipus, saudara Herodes sendiri.

Hal ini membuat raja Herodes tersinggung dan marah sehingga ia memenjarakan Yohanes Pembaptis.

Tetapi yang paling tersinggung dengan teguran Yohanes adalah istri Herodes, Herodias. Ia menjadi dendam kepada Yohanes Pembaptis dan berusaha untuk membunuhnya. Tetapi ia tidak dapat, karena Herodes melindungi Yohanes.

Memang, pada dasarnya Herodes cukup kagum pada Yohanes dan senang mendengar khotbah-khotbahnya, walau hatinya menjadi bimbang kala mendengarnya.

Ia juga meyakini bahwa Yohanes Pembaptis adalah orang benar dan orang suci.

Namun, kesempatan baik bagi Herodias untuk menuntaskan dendamnya kepada Yohanes Pembaptis akhirnya tiba juga.

Hal ini terjadi pada waktu Herodes merayakan hari ulang tahunnya dengan para pembesarnya. Ketika itu putri Herodias menari-nari dan menyenangkan hati Herodes beserta tamu-tamunya.

Hal ini membuat Herodes menawarkan sebuah hadiah kepada putri Herodias, apa saja yang diinginkannya maka Herodes bersumpah akan memberikannya, bahkan sekalipun setengah dari kerajaannya! (mungkin Herodes sedang dalam pengaruh anggur).

Ketika putri Herodias bertanya kepada ibunya (Herodias) apa yang harus dimintanya kepada Herodes, maka Herodias menjawab: kepala Yohanes Pembaptis dalam sebuah talam!

Mendengar hal itu hati Herodes sangat sedih, tetapi karena sumpahnya di hadapan para pembesarnya, akhirnya ia pun mengabulkan permohonan putri tirinya itu.

Herodes memerintahkan seorang pengawalnya untuk memenggal kepala Yohanes Pembaptis di dalam penjara!

Lalu pengawal itu menaruh kepala Yohanes di atas sebuah talam dan memberikannya kepada putri Herodias. Putri Herodias memberikan kepala Yohanes Pembaptis itu kepada ibunya.

Dendam Herodias kepada Yohanes Pembaptis pun akhirnya terbalaskan.

Yohanes Pembaptis adalah seorang martir sejati, yang berani menyatakan kebenaran Tuhan sekalipun nyawa taruhannya. (Baca: 7 Martir Terkenal Di Alkitab)

Herodes dan Herodias adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas kematian Yohanes Pembaptis.

 

Itulah 7 fakta penting tentang Yohanes Pembaptis di Alkitab Perjanjian Baru.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!