7 Fakta Tentang Yonatan Menurut Alkitab

 

5. Yonatan selalu berusaha melindungi Daud dari niat ayahnya untuk membunuh Daud

Karena ketidaktaatannya kepada Tuhan, maka Saul Tuhan tolak sebagai raja Israel.

Tuhan pun mengurapi Daud menjadi raja menggantikan Saul, sekalipun secara de facto, Saul tetap menjadi raja Israel seumur hidupnya.

Setelah ditolak menjadi raja, hidup Saul sangat memprihatinkan.

Ia lebih banyak melakukan pengejaran kepada Daud, raja Israel yang baru, sementara ia terus berperang melawan orang Filistin.

Hanya karena iri kepada Daud yang dielu-elukan oleh rakyat setelah berhasil mengalahkan Goliat, Saul seumur hidupnya berusaha menghabisi Daud.

Tetapi Tuhan selalu melindungi Daud dari niat busuk Saul. Salah satunya lewat Yonatan (1 Samuel 20).

Sekalipun ayahnya benci kepada Daud, bahkan berusaha membunuhnya, namun Yonatan selalu berusaha melindungi Daud dan membela Daud di hadapan Saul, ayahnya.

Yonatan tahu bahwa ayahnya salah dalam membunuh Daud, dan Yonatan tahu Daud adalah orang benar dan raja Israel yang telah Tuhan pilih.

 

6. Yonatan mati secara menyedihkan dalam pertempuran melawan orang Filistin sehingga membuat Daud sangat bersedih

Meski dikenal sebagai orang baik, namun akhir hidup Yonatan sangat menyedihkan, ia harus mati terbunuh di dalam pertempuran melawan orang Filistin.

Suatu ketika, orang Filistin berperang melawan orang Israel. Orang-orang Israel melarikan diri dari hadapan orang Filistin dan banyak yang mati terbunuh di pegunungan Gilboa.

Orang Filistin terus mengejar Saul dan anak-anaknya dan menewaskan Yonatan, Abinadab dan Malkisua, anak-anak Saul. (1 Samuel 31:4)

Daud sangat sedih dan berkabung serta mengarang sebuah sajak ratapan untuk mereka, khususnya untuk Yonatan (2 Samuel 1:17-27).

 

7. Setelah kematian Yonatan,

Daud tetap mengingat persahabatannya dengannya sehingga Daud membawa

anak Yonatan tinggal bersamanya di istana

Setelah Daud menjadi raja atas seluruh Israel, ia tidak melupakan persahabatannya dengan Yonatan, sekalipun Yonatan telah meninggal.

Daud menunjukkan kasihnya kepada Yonatan dengan membawa anak Yonatan, Mefiboset, tinggal bersamanya di istana raja dan makan sehidangan dengannya (2 Samuel 9:1-13)

 

Itulah 7 fakta tentang Yonatan menurut Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!