7 Fakta Tentang Yudas Iskariot Di Alkitab

 

5. Yudas Iskariot Akhirnya Mati Bunuh Diri

Setelah menyesali perbuatannya, maka hidup Yudas pun berakhir tragis.

Ia memutuskan untuk bunuh diri dengan cara menggantung diri (Matius 27:3-10).

Menurut sebuah cerita rakyat, ia menggantung diri di sebuah pohon yang kuncupnya merah, yang kemudian disebut “pohon Yudas”.

Menurut Agustinus (354-430 Masehi), seorang bapa gereja terkemuka, tali yang dipakai Yudas gantung diri putus, lalu ia terjatuh dan mati. (Baca: 7 Tokoh Alkitab Yang Mati Bunuh Diri)

Hal ini cocok dengan kematian Yudas yang jatuh tertelungkup, lalu perutnya terbelah dan semua isi perutnya tertumpah keluar (Kisah Para Rasul 1:18-19).

Akhir hidup Yudas Iskariot yang sangat tragis itu adalah akibat langsung dari perbuatannya yang keji dengan mengkhianati Gurunya sendiri.

Alkitab dengan gamblang berkata bahwa Yudas “jatuh ke tempat yang wajar baginya.” (Kisah Para Rasul 1:25).

 

6. Jabatan Yudas Iskariot Sebagai Rasul Digantikan Oleh Matias

Setelah kematian Yudas Iskariot, Rasul Petrus mengusulkan untuk memilih pengganti pengkhianat tersebut, sehingga jumlah rasul tetap 12 orang.

Lalu Petrus memberikan beberapa persyaratan tertentu yang harus dimiliki oleh rasul yang baru, yakni harus mengenal Tuhan Yesus “mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke Sorga.”

Ia juga harus menjadi “saksi dengan kami tentang kebangkitanNya.” (Kisah Para Rasul 1:15-22).

Para rasul menemukan dua orang yang memenuhi persyaratan demikian, yakni Yusuf, yang juga dikenal sebagai Yustus, dan Matias.

Mereka kemudian membuang undi untuk menentukan pilihan, dan pilihan jatuh pada Matias, sehingga ia ditambahkan pada bilangan para rasul (Kisah Para Rasul 1:23-26). (Baca: 12 Murid Yesus Dan Akhir Hidup Mereka).

Penggantian jabatan kerasulan Yudas sangat penting, sebab ke 12 murid Tuhan Yesus kelak akan menjadi pemimpin dalam kerajaanNya, mereka akan menghakimi 12 suku Israel! (Matius 19:28).

Jadi betapa ruginya Yudas meninggalkan jabatan kerasulannya, sebab tidak hanya bermanfaat di dunia ini tetapi juga di dunia yang akan datang!

 

7. Nama Yudas Iskariot Di Kemudian Hari Sangat Berkonotasi Buruk

Nama Yudas Iskariot cukup sering disinggung di dalam kitab-kitab Injil, tetapi bukan karena perbuatannya yang baik, tetapi justru karena sifatnya yang buruk dan pengkhianatannya kepada Gurunya sendiri.

Seluruh Injil serta Kisah Para Rasul menempatkan Yudas Iskariot di urutan terakhir dari daftar murid-murid Tuhan Yesus.

Tidak diragukan lagi, ini mencerminkan reputasi buruk Yudas Iskariot sebagai pengkhianat Gurunya.

Lagipula, namanya biasanya disertai keterangan dengan kesan buruk, seperti: “Yang mengkhianati Dia” atau “Yang kemudian menjadi pengkhianat”.

Dan sejak saat itu nama Yudas menjadi identik dengan pengkhianat.

Seseorang yang berkhianat kepada sesamanya akan digelari sebagai “Yudas”.

Mungkin itulah sebabnya sejak zaman Yudas Iskariot sangat jarang orang Kristen bernama Yudas.

Padahal nama Yudas punya arti yang baik (Yudas adalah bentuk Yunani dari kata Ibrani “Yehuda” yang artinya: bersyukur), dan nama yang cukup populer pada zaman Perjanjian Baru. (Baca: 7 Nama Di Perjanjian Lama Paling Banyak Dipakai Di Perjanjian Baru).

 

Itulah 7 fakta penting tentang Yudas Iskariot menurut Alkitab.

 

Jika artikel ini memberkati Anda, jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan jejaring sosial Anda (facebook, twitter, google plus, whatsapp, dll) melalui tombol share yang tersedia pada artikel ini.

 

Anda juga dapat memberikan tanggapan, komentar, saran atau pertanyaan seputar artikel ini pada kolom komentar yang tersedia di bawah. Tetapi semua komentar harus dimoderasi terlebih dahulu, dan hanya komentar yang memenuhi syarat yang akan dipublikasikan.

 

Silakan juga bergabung dengan Fans Page Facebook Rubrik Kristen dengan cara mengklik “Like” atau “Sukai” pada Fans Page Facebook Rubrik Kristen di situs ini, sehingga Anda selalu mendapat info artikel-artikel terbaru dari situs ini. Terima kasih. GBU.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!